Kartunis Belanda Terbitkan Komik Cerita Cinta Indonesia

Kartunis Belanda Terbitkan Komik Cerita Cinta Indonesia

HarianDepok.com – Entertaiment , Kartunis Belanda Peter van Dongen baru saja meluncurkan sebuah cerita roman sejarah yang menggambarkan situasi Indonesia selama tahun 1951 sampai 1965. Komik ini berjudul ‘Rampokan Jawa Dan Selebes’ (literaly diterjemahkan sebagai Tiger fights in Java and Celebes), diluncurkan di Indonesia-Belanda Pustaka Pusat Karta Yogyakarta pekan lalu.

Komik dengan 168 halaman ini baru selesai setelah bertahun-tahun melakukan penelitian gambar dan sejarah sastra. Peter sangat dekat dan akrab dengan Indonesia melalui cerita-cerita yang diceritakan oleh ibunya, seorang keturunan Indonesia-Cina yang menghabiskan masa kecilnya di Sulawesi.

Komik tersebut adalah kompilasi dari dua komik Petrus sebelumnya berjudul ‘Rampokan Jawa’ dan ‘Rampokan Selebes’ yang menceritakan kisah tentang dua orang Belanda yang kelahiran Indonesia Johan Knevel dan Erick Verhagen yang kembali ke Indonesia membawa semangat untuk membela tanah ibu mereka. Peter menyajikan kisahnya melalui tradisi lama harimau pertempuran (Rampokan) di Jawa.

Petrus ‘Rampokan Jawa’ telah memenangkan beberapa penghargaan seperti Prijs De Leeuw, Beste Nederlandse Album dan Beste Verzorgde BOEKEN 1998.

Di Indonesia, komik ini diterbitkan oleh PT Gramedia Pustaka Utama mulai dari 11 Agustus, kata redaktur penerbit fiksi, Diniarty Pandia.

Penggila komik Terra Bajraghosa mengatakan bahwa komik Petrus dipengaruhi oleh komik petualangan ‘Tintin’ yang dibuat oleh Herge atau George Remi. Meskipun banyak kekurangan sejarah, Terra mengatakan bahwa komik ini patut dibaca sebagai kisah pribadi yang mengacu pada peristiwa sejarah.

[EniGayoe/HD]

Tags:
author

Author: 

Penulis Konten - Author Di Harian Depok