ICW Harap Koruptor Tak Dapat Remisi

ICW Harap Koruptor Tak Dapat Remisi.

HarianDepok.com – Berita – Nasional , Emerson Yuntho, aktivis anti-korupsi di Indonesia Corruption Watch (ICW), mengatakan para koruptor yang telah dihukum, sebenarnya tidak layak mendapatkan remisi. Emerson berharap tidak akan ada lagi pembebasan bersyarat atau hukuman pengurangan yang diberikan kepada narapidana graft.

“Koruptor tidak harus diberikan remisi lagi. Pemerintah tampaknya memanjakan mereka,” katanya pada hari Senin(18/8). Ia juga menambahkan bahwa koruptor harus diberikan remisi hanya jika mereka menjadi kolaborator keadilan.

Para terpidana korupsi di Sukamiskin Penitentiary, Bandung, telah diberi fasilitas khusus yang mungkin akan merusak efek jera yang diperlukan.

Emerson mengatakan ia berterima kasih atas pelaksanaan Peraturan Pemerintah Nomor 99/2012, yang diatur soal remisi, asimilasi, cuti sebelum rilis dan pembebasan bersyarat meskipun Hukum dan Hak Asasi Manusia Kementerian sebelumnya diberikan remisi untuk koruptor dihukum seperti Gayus Tambunan dan Anggoro Widjojo.

Peraturan ini menetapkan bahwa koruptor yang terbukti bersalah setelah 2013 tidak akan mendapatkan remisi selama Hari Kemerdekaan dan hari libur.

“Saya pikir ini ini benar, tidak pantas koruptor dapatkan remisi,” katanya.

Sementara itu Kepala Komisi Pemberantasan Korupsi Abraham Samad, mengatakan persyaratan remisi seharusnya lebih ketat dan tidak bisa bebes diberikan siapa saja.

“Jika koruptor dihukum mudah diberikan remisi, saya khawatir bahwa efek jera akan tak terasa,” kata Abraham, menambahkan bahwa Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia harus berhati-hati dalam pemberian remisi.

[adm/HD]

Rate this article!
Tags: