Lihat Tawuran di Depok Kian Marak, KPAI Segera Bertindak

Lihat Tawuran di Depok Kian Marak, KPAI Segera Bertindak

HarianDepok.com – Berita , Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) berencana memanggil Dinas Pendidikan Kota Depok, sebagai betuk tindakan terkait perkelahian para pelajar yang menyebabkan kerugian. KPAI meminta dinas pendidikan di Depok memberikan sanksi tegas kepada yayasan karena tidak bisa mendidik siswa mereka dalam perselisihan untuk menghindari tawuran

Komisaris KPAI Susanto menyampaikan, pemanggilan ini direncanakan pada hari Senin (25/8) minggu depan. Pemanggilan tersebut untuk mempertanyakan sanksi yang diberikan kepada sekolah dan siswanya yang terlibat aksi tawuran. Selain itu, kota Depok sedang getol-getolnya melancarkan program Kota Layak Anak yang diusung sang Walikota.

“Mengingat tawuran di Depok terus terjadi selama bertahun-tahun, maka dalam hal ini, KPAI segera memanggil Dinas Pendidikan Depok untuk meminta penjelasan apa, sedang dan akan dilakukan dalam penanganan dan pencegahan tawuran siswa di Depok. Jangan biarkan Departemen Pendidikan, sebagaimana diamanatkan penyedia Pendidikan Eksekutif yang lalai terhadap perkelahian pencegahan antara siswa,” ujarnya, Senin (18/8).

Menurut dia, Disdik Depok harus bertanggung jawab penuh untuk semua sekolah, masyarakat dan sektor swasta dalam pelaksanaan program pendidikan. Misalnya, dalam kasus pembentukan karakter material, kepentingan dan perkembangan siswa di sekolah. Dengan demikian, pola perilaku budaya naif dan primitif yang ada di lingkungan yang masih banyak digunakan kelompok siswa akan berkurang.

“Apa pun motifnya, tawuran pelajar tidak dibenarkan, karena bertentangan dengan semangat pendidikan dan semangat bangsa dan negara, bahkan melawan hukum. Kematian siswa di Depok, merupakan fakta tragis dalam dunia pendidikan,” kata Susanto.

[adm/HD]

Tags:
author

Author: 

"Sesempurna apa pun kopi yang kamu buat, kopi tetap kopi, punya sisi pahit yang tak mungkin kamu sembunyikan.” (Internet Marketers & Publisher)