Jadwal Seleksi Masuk PTN Melalui Ujian Tertulis

HarianDepok.com | Nasional – Saat ini pasti banyak siswa kelas XII SMA yang mempersiapkan diri memilih perguruan tinggi negeri (PTN). Bagi yang memiliki prestasi bagus dan sekolahnya termasuk sering mendapatkan kuota SNMPTN (Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri) pasti tidak akan khawatir.  Mereka dapat mengikuti SNMPTN yang hanya diikuti siswa yang akan lulus UN pada 2013 dan memiliki prestasi akademik bagus. Lalu bagaimana siswa yang prestasi akademiknya naik turun ingin masuk PTN?

Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) 2013 telah diluncurkan di Jakarta, Jumat (16/3/2013) dan diikuti oleh 62 perguruan tinggi negeri di tanah air. Hal ini diumumkan oleh Ketua Umum SBMPTN Prof Akhmaloka dalam sambutannya pada acara itu. SBMPTN adalah seleksi masuk PTN untuk siswa yang telah lulus UN 2011, 2012, dan 2013.

SBMPTN adalah pola seleksi masuk PTN melalui ujian tertulis dan atau tanpa ujian keterampilan. Pendaftarannya sendiri baru dibuka tanggal 13 Mei – 7 Juni dari pukul 08.00-22.00 secara online. Pembayaran  biaya seleksi dilakukan melalui Bank Mandiri dari tanggal 10 Mei – 4 Juni. Adapun ujian tertulis dilaksanakan pada 18-19 Juni, ujian keterampilan 20-21 Juni dan diumumkan tanggal 12 Juli.

Menurut Akhmaloka yang berbeda pada seleksi tertulis PTN tahun 2013, peserta dapat memilih tiga program studi sesuai dengan kelompok ujian; saintek (sain dan teknologi), soshum (sosial humaniora), dan campuran (saintek dan soshum).

Kuota penerimaan melalui jalur SBMPTN mencapai 110.000 orang, lebih sedikit dibandingkan tahun lalu yang mencapai 118.000 mahasiswa. Jumlah ini didasarkan pada pembagian kuota SBMPTN 30 persen, SNMPTN 50 persen, dan ujian mandiri 20 persen.

[adm/HD/antara]

Tags:
author

Author: 

"Sesempurna apa pun kopi yang kamu buat, kopi tetap kopi, punya sisi pahit yang tak mungkin kamu sembunyikan.” (Internet Marketers & Publisher)