Mengenal Residu Pestisida Pada Makanan Dan Penangananya

Mengenal Residu Pestisida Pada Makanan Dan Penangananya

HarianDepok.com – Kesehatan , Bahan kimia seperti pestisida dan insektisida secara teratur disemprotkan pada tanaman untuk melindungi mereka dari hama dan penyakit. Berikut adalah hal yang perlu Anda ketahui tentang residu pestisida dan cara-cara untuk menghindarinya.

Residu Pestisida

Sebagian besar bahan kimia memecah dan menghilang sebelum mereka dapat dikonsumsi oleh orang-orang, kadang-kadang bekas dari pestisida tetap ada dalam makanan kita. Bekas ini beracun dan bisa sangat berbahaya, terutama bagi anak-anak muda yang organnys masih berkembang. Sementara setiap produk makanan biasanya memiliki bekas minimal, ketika Anda menambahkan jumlah dari semua bahan dalam makanan Anda, itu menjadi cukup banyak. Berikut adalah beberapa cara untuk menghindari mengkonsumsi bekas residu pestisida:

• Pindah ke makanan organik

Organik terdiri dari makanan buah-buahan dan sayuran yang tumbuh secara alami, tanpa bahan kimia yang disemprotkan pada mereka. Dengan beralih ke makanan organik, Anda akan dapat menghindari mengkonsumsi pestisida dan insektisida.

• Cuci makanan Anda dengan baik

Jika Anda tidak dapat beralih sepenuhnya ke makanan organik dan masih tergantung pada produk lain yang telah disemprot dengan pestisida atau insektisida, pastikan bahwa Anda mencuci makanan Anda dengan baik sebelum dikonsumsi. Isi wastafel dengan air, dunk sayuran di dalamnya, tambahkan satu sendok makan cuka dan biarkan direndam selama sepuluh menit sebelum dibilas secara menyeluruh.

• Kupas lapisan luar

Jika Anda membeli buah-buahan dan sayuran yang memiliki kulit atau lapisan luar, Anda dapat dengan mudah menghilangkan lapisan luar yang cenderung memiliki kadar residu paling banyak. Bagian dalam buah atau sayuran relatif tidak terkontaminasi dan karena itu aman dikonsumsi.

[NurMungil/HD]

Tags:
author

Author: