Ekspor Sepeda Motor di Indonesia Meningkat 2 Kali Lipat

Ekspor Sepeda Motor di Indonesia Meningkat 2 Kali Lipat

HarianDepok.com – Berita – Nasional , Gunadi Sindhuwinata, Ketua Asosiasi Industri Sepeda Motor Indonesia (AISI), optimistis nilai ekspor nasional sepeda motor akan meningkat dua kali lipat, yakni sebesar 60.000 unit pada tahun ini. Jumlah ini disediakan oleh tingginya permintaan sepeda motor sport dengan kapasitas mesin 250 cc.

“Tahun ini semua merek, kecuali TVS, akan mengekspor 250 sepeda motor cc,” katanya, Rabu (13/8). Dari semua sepeda motor yang akan diekspor tahun ini, Gunadi mengatakan bahwa setengah dari itu adalah motor sport dengan kapasitas mesin melebihi 250 cc. Tuntutan tinggi berasal dari konsumen asing terhadap jenis sepeda motor bertentangan dengan tren yang sedang berlangsung di pasar domestik. Menurut Gunadi, konsumen dalam negeri lebih memilih scooter-jenis sepeda motor kecil. Namun, meningkatnya jumlah sepeda motor sport yang sedang diperkenalkan ke pasar bisa berubah tren ke arah yang baru.

Meskipun ekspor meningkat, penjualan domestik diperkirakan tetap stagnan. Selama periode Januari-Juli 2014, penjualan sepeda motor mencapai 4.755.000 unit, hanya 2,4 persen lebih tinggi dibandingkan tahun lalu. Jumlah penjualan pada akhir kuartal kedua 2014 juga diperkirakan lebih rendah dibandingkan tahun lalu.

“Kami memperkirakan penjualan hanya akan mencapai 4,2 juta unit,” kata Gunadi.

Deputy General Manager Penjualan untuk Astra Honda Motor Thomas Wijaya, mengatakan bahwa penjualan amat lambat selama hari kerja, terutama selama bulan Ramadhan.

[adm/HD]

Tags:
author

Author: 

"Sesempurna apa pun kopi yang kamu buat, kopi tetap kopi, punya sisi pahit yang tak mungkin kamu sembunyikan.” (Internet Marketers & Publisher)