Lawan ISIS, Prancis Kirim Senjata Ke Irak

Lawan ISIS, Prancis Kirim Senjata Ke Irak.

HarianDepok.com – Berita – Internasonal , Presiden Prancis, Francois Hollande telah mengumumkan bahwa Prancis akan segera mengirim senjata kepada Kurdi untuk membantu mempertahankan wilayah mereka terhadap serangan yang dilakukan ekstremis Negara Islam Iran dan Suriah (ISIS). Dia mengatakan bahwa pengiriman akan dilakukan dalam “beberapa jam” setelah pengumuman kemarin.

“Ini dilakukan untuk mempertahankan wilayah mereka dari gempuran kelompok ISIS. Selain itu juga sebagai respon kebutuhan mendesak yang diungkapkan oleh pemerintah daerah Kurdistan,” kata Hollande dalam sebuah pernyataan. Menurut kantor berita Perancis, Perancis telah menerima izin dari Baghdad untuk memberikan senjata.

Hollande mengatakan bahwa Irak sedang menghadapi situasi bencana, itulah sebabnya ia memutuskan untuk mendukung penunjukan Perdana Menteri baru Irak Haider al-Abadi, dan meminta pemerintah persatuan Irak yang akan dibentuk untuk menghentikan pergerakan ISIS.

Prancis juga berencana untuk mengirim 20 ton bantuan termasuk obat-obatan, tenda, dan sistem penyaringan air ke Erbil. The Associated Press melaporkan bahwa bantuan ini dimaksudkan untuk menampung 50.000 orang yang telah kehilangan rumah mereka.

“Kami juga mengirim obat, tenda, dan system penyaringan air,” sambung surat pernyataan tersebut.

Langkah-langkah yang diambil oleh Perancis dilakukan sekitar waktu yang sama ketika Amerika Serikat membantu evakuasi orang-orang Yazidi terjebak di Mount Sinjar karena serangan yang dilakukan ISIS. Inggris juga berencana mengirim sejumlah kecil helikopter ke Irak utara untuk membantu mengangkut peralatan bantuan dari negara lain.

[adm/HD]

Tags:
author

Author: 

"Sesempurna apa pun kopi yang kamu buat, kopi tetap kopi, punya sisi pahit yang tak mungkin kamu sembunyikan.” (Internet Marketers & Publisher)