Tanggul Kali di Kota Depok Rawan Jebol

Tanggul Kali di Depok Rawan Jebol.

HarianDepok.com – Berita , Penduduk perumahan Taman Duta dan Bukit Cengkeh I dan II, Depok, sering merasa khawatir setiap kali hujan dengan intensitas tinggi mengguyur kedua perumahan tersebut. Mereka khawatir tanggul kali laya yang berada di atas perumahan akan rusak lagi, seperti tahun-tahun sebelumnya.

Salah satu warga di perumahan tersebut, Nur Hasyim (56 tahun), sangat menyesalkan Pemkot Depok yang kurang tanggap terhadap pencegahan terjadinya banjir di komplek timpat tinggalnya.

“Tidak ada dinding penguatan yang diperbaiki selama musim panas ini. Sementara semua tembok itu sudah retak bahkan mau ambruk.” Kata Hasyim mengatakan saat ditemui di tanggul.

Hasyim juga mengatakan bahwa hampir semua tanggul sungai rentan sekali jebol. Hanya bulan ini, ketika aliran air di sungai tinggi, melihat banyak kebocoran di dinding tanggul. Jika kondisi seperti ini dibiarkan, pasti akan merobohkan tanggul.

“Pada akhirnya, kita semua terendam,” katanya.

Posisi dari Kali Laya sendiri lebih tinggi dibanding sejumlah perumahan di Depok. Setidaknya ada tiga perumahan yang berada tepat dibawah kali tersebut, yakni Perum Bukit Cengkeh I dan II, juga Perum Cimanggis Country.

Pada tahun 2012, tanggul Kali Laya runtuh dan merendam sekitar 300 rumah. Peristiwa serupa terjadi pada bulan Januari 2014, kali tanggul diatas Perum Cimanggis Country jebol dan sempat merendam beberapa rumah di perum tersebut.

Untuk memperbaikinya, Dinas Bina Marga dan Sumber Daya Air Depok membutuhkan biaya sekitar Rp. 40 Miliyar.

[adm/HD]

Tags:
author

Author: 

"Sesempurna apa pun kopi yang kamu buat, kopi tetap kopi, punya sisi pahit yang tak mungkin kamu sembunyikan.” (Internet Marketers & Publisher)