Pemilu Presiden 2014 Jadi Sebab Tingkat Hunian Hotel Meninggi

Pemilu Jadi Sebab Tingkat Hunian Hotel Meninggi

HarianDepok.com – Properti , Hasil penelitian harga properti residensial pada kuartal kedua 2014 yang diterbitkan oleh Bank Indonesia (BI) telah menunjukkan tingkat hunian properti komersial secara umum mengalami penurunan. Namun, peningkatan pada kenyataannya terjadi pada tingkat hunian hotel.

Direktur Eksekutif Departemen Statistik BI Hendi Sulistiyowati mengatakan, tingkat Hotel hunian yang meningkat dikarenakan kegiatan persiapan Pilpres. Ini mencakup serangkaian acara kampanye presiden dann menggunakan hotel sebagai lokasi untuk acara dan peserta tinggal.

“Liburan tahun ajaran baru dan kegiatan partai politik menjelang kampanye pemilu presiden telah menyebabkan tingkat hunian hotel besar dari 8.13 persen dibandingkan tahun sebelumnya, lebih tinggi dari 4,33 persen dibandingkan dengan periode tahun sebelumnya,” kata Hendi di kantornya pada hari Rabu (13/8).

Selain itu, kata Hendi, tidak hanya meningkatkan tingkat hunian. Tarif kamar Hotel (tarif kamar) juga meningkat, terutama di hotel bintang empat. Kenaikan harga kamar tersebut terjadi karena permintaan yang tinggi.

“Peningkatan tarif hotel tertinggi di Jakarta, Bogor dan Depok, dan kenaikan itu 14.47 persen lebih tinggi dibandingkan periode sebelumnya hanya 5,43 persen,” katanya.

Pada kesempatan yang sama, Wakil Direktur Colliers International Ferry Santoro menjelaskan bahwa pada dasarnya kenaikan tingkat hunian juga terkait dengan karakteristik hotel di Jakarta. Sebagian besar hotel di ibukota digunakan untuk tujuan bisnis.

“Hotel di Jakarta untuk bisnis hotel, jadi tingkat hunian meningkatkan kegiatan usaha yang terkadang sifatnya mass, misalnya, kegiatan usaha dan pameran,” kata Ferry.

[MuhammadKhotib/HD]

Tags: