Berikut Ini Adalah Alasan Mengapa Bahagia Bisa Membuat Sehat

Ini Alasan Mengapa Bahagia Bisa Membuat Sehat.

HarianDepok.com – Kesehatan , Emosi positif dan kesehatan yang berkualitas benar-benar terhubung. Hal ini karena tubuh dan pikiran memiliki koneksi yang luar biasa.

Descartes pernah mengatakan bahwa tubuh dan pikiran sebenarnya terpisah. Namun, Descartes terbukti salah! Sejak 50 tahun terakhir, para ilmuwan telah menemukan bahwa tubuh dan pikiran terhubung. Bahkan, mereka begitu intim dan tak terpisahkan.

Hubungan antara tubuh dan pikiran melahirkan cabang baru dari ilmu pasti, dan psiko-neuroimmunology (PNI). Ilmu ini menyelidiki hubungan antara pikiran, otak, dan sistem kekebalan tubuh.

Stres merupakan sumber penyakit

Studi PNI menunjukkan emosi, seperti stres, takut, atau marah akan mengirim sinyal ke kelenjar utama dalam tubuh yang memproduksi hormon, seperti kortisol, epinefrin, dan adrenalin.

Hormon-hormon ini yang menyuruh sel dalam tubuh Anda ketika saatnya untuk bekerja atau istirahat bahkan untuk melawan atau melarikan diri. Akibatnya, tubuh akan “lupa” saat tugas mencerna makanan, atau memerangi penyakit, sehingga meningkatkan tekanan darah Anda terus bekerja dengan cepat. Tubuh kita terus-menerus bekerja secara maksimal sementara tidak sakit.

Kabar baiknya adalah, tubuh Anda dapat menghasilkan hormon yang menguatkan melindungi tubuh ketika Anda merasa senang atau santai. Contohnya adalah serotonin, dopamin, oksitosin atau relakin.

Ketika hormon ini masuk ke dalam aliran darah, mereka akan mengirim sinyal ke tubuh untuk membuat sel-sel lebih kebal. Bahkan tertawa selama lima menit secara signifikan akan meningkatkan jumlah sel darah putih yang digunakan untuk membunuh sel-sel penyakit.

Dengan ditemukannya ilmu PNI ini, banyak orang mulai mengatur emosi mereka, sehingga mereka tidak mudah sakit. Kelli Turner, MD, seorang ahli onkologi menguji hubungan antara emosi dan kanker. Ia menemukan bahwa dalam beberapa dekade terakhir, sejumlah besar pasien berhasil diobati.

[EniGayoe/HD]

Tags:
author

Author: 

Penulis Konten - Author Di Harian Depok