Gunakan Cara Ini Untuk Meredam Kebisingan

Gunakan Cara Ini Untuk Meredam Kebisingan
HarianDepok.com – Properti , Keheningan adalah barang yang langka di pusat kota. Hal ini terjadi karena suara dari kendaraan bermotor dan masih menderu selama 24 jam di luar rumah.

Sampai saat ini, para peneliti telah mulai mencari solusi untuk meringankan kebisingan. Namun, pemilik rumah dapat mulai mengurangi kebisingan di rumah hanya dengan menggunakan suara atau lapisan antibising.

Namun, sebelum Anda menginstal lapisan antibising, pemilik perlu mengetahui sumber suara yang memasuki rumah. Hal ini diperlukan untuk menemukan sumber masalah dan bisa diselesaikan, misalnya, memeriksa jendela, pintu, dinding, atau ventilasi. Cek kesenjangan di langit-langit. Mungkin, tempat-tempat ini merupakan sumber masalah yang menyebabkan suara masuk ke dalam rumah.

Berbeda dengan praktek umum yang hanya menempatkan lapisan antibising di dinding, langit-langit juga perlu perhatian khusus. Suara dapat melewati langit-langit atau memantul. Tidak hanya dari luar, suara dari rumah yang terus-menerus memantul dapat mengganggu.

Alih-alih menggunakan kayu lapis langit-langit yang berpotensi memantulkan suara, cobalah untuk mulai mempertimbangkan penggunaan papan gipsum. Khusus papan gypsum, terutama yang diproduksi oleh perusahaan terkemuka, umumnya aman bagi penghuni rumah.

Indra Budi Wibowo dari Teknikal Manager USG Boral memastikan bahwa papan gipsum yang ditawarkan perusahaan terkemuka bebas asbestos. Indra menjelaskan bahwa papan gipsum dengan spesifikasi khusus akustik memiliki Koefisien Noise Reduction (NRC) lebih tinggi dari bahan lain. Misalnya, papan gipsum dengan NRC 0.7 dapat meminimalkan kebisingan hingga 70 persen (berdasarkan rata-rata dari empat frekuensi, 250, 500, 1000, 2000 Hz).

Hal lain yang menarik adalah faktor keamanan. Pengguna plafon gipsum tidak hanya “aman” dari kebisingan, tetapi juga dari bahaya kebakaran. Papan gipsum ternyata lebih efektif menahan rembetan api.

[MuhammadKhotib/HD]

Tags: