Nanti Malam Puncak Hujan Meteor Perseid Bisa Dilihat di Indonesia

Meteor Perseid

HarianDepok.com – Berita – Nasional , Sempatkanlah tengah malam nanti Anda melihat langit. Yang nantinya akan disajikan fenomena astronomi hujan meteor Perseid. Puncak tahunaan hujan meteor akan diselenggarakan dari tengah malam hingga menjelang pagi.

Avivah Yamani, seorang pengamat astronomi daru ITB mengumumkan puncak dari meteor dapat dilihat pada 13 dan 14 Agustus. Ia mengatakan puncak hujan meteor ini akan bisa dilihat diseluruh wilayah Indonesia jika cuaca tidak berawan.

“Tergantung pada kondisi cuaca. Jika berawan ya tidak bisa dlihat,” kata Avivah, Selasa (12/8)

Avivah mengatakan, kemungkinan tengah malam meteor dihiasi dengan bola api dan puing-puing akan jatuh terbakar di kisaran 100 meteor per jamnya.

“Ada Fireball, kecepatan meteor mencapai 59 km per detik, bisa lebih dari 100 meteor per jam,” katanya.

Terkait waktu hujan meteor berdekatan dengan Supermoon, dia mengakui fenomena bulan yang mempengaruhi penampilan hujan meteor ini lebih terang dari sebelumnya.

Orang-orang yang mengamati fenomena ini pada tengah malam dan tidak perlu khawatir tentang bagaimana membuat teleskop atau peralatan kamera, pengamat canggih. Oleh karena itu, pengamatan dapat dilakukan melalui mata telanjang.

“Ini hanya sarana untuk melihat hanya dengan mata kita sendiri. Tidak perlu menggunakan teleskop,” kata Avivah.

Kepala BMKG subbidang cuaca ekstrim, Kukuh Ribudiyanto mengatakan ada beberapa daerah yang berpotensi terjadi hujan tengah malam.

“Pada 10:00 malam, Medan, Banten, Jabodetabek, sebagian Sumatera, berpotensi awan dan hujan,” kata Kukuh.

Sementara Aceh, Palembang selatan, Padang, Lmapung Timuur, Kalimantan Selatan, Kalimantan Timur, Jawa Barat di Nusa Tenggara Timur, Sulawesi Barat, Selatan dan Tenggara, Sulawesi Utara sisi utara, termasuk Manado dalam posisi cerah.

[adm/HD]

Tags:
author

Author: 

"Sesempurna apa pun kopi yang kamu buat, kopi tetap kopi, punya sisi pahit yang tak mungkin kamu sembunyikan.” (Internet Marketers & Publisher)