Wow Saksi Dari Kubu Prabowo Akui Coblos 6 Sisa Surat Suara

Saksi Dari Kubu Prabowo Akui Coblos 6 Sisa Surat Suara

HarianDepok.com – Berita – Nasional , Ada yang menarik dari keterangan satu saksi yang dihadirkan oleh kubu Prabowo-Hatta pada sidang sengketa pemilu di Mahkamah Konstitusi (MK), Selasa (12/8/14).

Seorang anggota KPPS di TPS Bawolahusa 3, Majino, Kabupaten Nias Selatan, Sumut, Satoniha Luwaha mengakui telah mencoblos sisa surat suara lainnya.

“KPPS mencoblos surat suara yang tersisa yang mulia, saya sendiri mencoblos 6 kertas, sisa lainnya dibagi-bagi,” katanya saat kesaksiannya sebagai saksi dari Prabowo-Hatta.

Dia mengatakan TPS 3 Bawolahusa ada 99 DPT dan ditambah dua orang tambahan untuk menjadi 101 surat suara. Tetapi orang-orang yang memilih atau mencoblos hanya 42 orang. Sisa surat suara lainnya dicoblos sendiri oleh Satoniha dengan enam anggota lainnya.

“Aku coblos 6 lembar suara, sisanya teman saya. Aku berpikir ini untuk menghormati KPPS dan menjaga solidaritas antar anggota,” katanya.

Hasil voting, jumlah lanjut pasangan Satoniha nomor 1 memperoleh 32 suara, dan pasangan nomor 2  68 suara, sementara satu suara tidak sah. Dia mengklaim bahwa semua anggota KPPS memilih nomor 2

Ketika Satoniha ingin member keterangan lebih lanjut, Komisi memberikan nasihat bahwa pengadilan tidak memungkinkan interupsi Satoniha bersaksi karena Satoniha pilihan penyelenggara.

Namun, hakim konstitusi Hamdan Zoelva mempersilahkan saja.

“Tidak apa-apa untuk memberikan bukti, guna mengungkap fakta. Namun keberatan (KPU pengacara) dicatat,” kata Hamdan.

Sementara saksi lainnya, tingkat provinsi Sumatera Utara bernama Irwansyah mengungkapkan banyak pelanggaran di 27 TPS di Kabupaten Nias Selatan.

[adm/HD]

Tags:
author

Author: 

"Sesempurna apa pun kopi yang kamu buat, kopi tetap kopi, punya sisi pahit yang tak mungkin kamu sembunyikan.” (Internet Marketers & Publisher)