Perusahaan Farmasi AS Kirimkan Obat Virus Ebola

Perusahaan Farmasi AS Kirimkan Obat Ebola

HarianDepok.com – Berita – Internasional , Sebuah perusahaan farmasi Amerika, Mapp Bio, telah mengirimkan pasokan obat percobaan untuk Virus Ebola ke Afrika Barat guna membantu mencegah penyebaran penyakit. Wabah virus Ebola telah membuat kota Sierra Leone, Liberia, Guinea dan Nigeria menjadi kota “hantu” sejak Maret lalu. Ini adalah wabah virus terbesar  yang pernah tercatat, mengklaim 961 jiwa telah meninggal dunia.

“Dalam menanggapi permintaan yang diterima akhir pekan ini dari negara Afrika Barat, pasokan yang tersedia dari ZMapp telah  habis,” kata sebuah pernyataan yang dilansir dari di situs resmi Mapp Bio, Selasa (12/8)

Pernyataan pada website perusahaan tidak untuk menentukan negara mana yang menerima obat, tetapi laporan CNN menyatakan bahwa Liberia adalah negara yang telah menerima obat. Namun, perusahaan memperingatkan bahwa obat ini masih dalam tahap percobaan dan belum mengalami pengujian klinis dalam hal apapun.

Dua pekerja misionaris Amerika yang terserang virus mematikan ini saat bekerja di Monrovia telah diberikan dosis obat dan telah diisolasi di Emory University Hospital di Atlanta, Georgia, di mana mereka menerima perawatan intensif.

Masalah etika yang diangkat dalam distribusi dan penggunaan obat percobaan seperti ZMapp menjadi fokus pembahasan pertemuan khusus dari Organisasi Kesehatan Dunia. Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit telah berulang kali menyatakan bahwa efek dari obat pada tubuh manusia belum sepenuhnya dipahami karena belum menjalani uji klinis yang luas untuk menentukan keamanannya. Sampai saat ini, tidak ada obat yang diketahui atau vaksin untuk Virus Ebola.

[adm/HD]

Tags:
author

Author: 

"Sesempurna apa pun kopi yang kamu buat, kopi tetap kopi, punya sisi pahit yang tak mungkin kamu sembunyikan.” (Internet Marketers & Publisher)