1 Orang Dikabarkan Meninggal , Dikarenakan JPO di Pasar Minggu Ambruk

1 Orang Dikabarkan Meninggal , Dikarenakan JPO di Pasar Minggu Ambruk

HarianDepok.com – Berita – Nasional , Wakil Gubernur DKI Jakarta Djarot Saiful Hidayat menduga reklame yang menyebabkan jembatan penyeberangan orang (JPO) di Pasar Minggu ambruk. Kepala Dinas Perhubungan (Kadishub) DKI Jakarta Andri Yansah menegaskan evaluasi pemasangan reklame di Ibu Kota akan secepatnya dilakukan.

Jembatan Penyeberangan Orang (JPO) yang ada di wilayah Pasar Minggu, Jakarta Selatan, ambruk. Satu orang dilaporkan meninggal.”Dua orang korban dibawa ke Rumah Sakit Siaga,” kata Anggota Pokdar Kamtibmas, Igit, saat dihubungi, Sabtu (24/9/2016).Satu orang korban yang dibawa ke RS dinyatakan kritis. Sedangkan satu orang lainnya meninggal.

“Satu orang dilaporkan meninggal,” ujar Igit.

Petugas Damkar Jaksel menyebut total ada 6 korban karena ambruknya JPO itu. Kondisi 4 orang lainnya belum diketahui.

“Besok juga akan kita evaluasi, secepatnya,” tegas Andri saat ditemui di lokasi kejadian, Sabtu (24/9/2016).

Andri mengatakan struktur JPO dari alas sampai kanopi sekitar 3 meter, sedangkan yang boleh digunakan untuk pemasangan iklan itu sekitar 1 meter dengan posisi panjang sekitar 20 meter. Selain itu, pemasangan reklame seharusnya di bagian gelagar atau konstruksi baja, atau beton yang membentuk bentangan jembatan.

“Pemasangan iklan harusnya tidak di reling (bagian pagar), harusnya di gelagar. Gelagarnya aman-aman saja, yang rubuh reling dan kanopi,” sebutnya.

“Kalau seumpama mengikuti ketentuan Insya Allah tidak apa-apa. Kita juga tidak mungkin mendahului investigasi,” sambung Andri.

Sebelumnya, Djarot menyebut JPO itu dibangun pada tahun 2002. Selain itu, Djarot mengatakan perawatan JPO itu terakhir pada kurun waktu 2012-2013.

Djarot menyebut ada lobang dan reklame yang berat sebagai penyebab ambruknya pagar dan atap JPO itu. Konstruksi JPO itu juga disebut kurang baik.

“Dari konstruksinya, yang terlampau berat itu reklamenya. Konstruksinya juga kurang baik,” ujar Djarot saat meninjau lokasi.

Selain itu, Djarot memastikan evakuasi akan selesai malam ini. Keluarga korban akan mendapat santunan.

“Kita akan bantu korban sampai ke rumah duka,” ujarnya. (sumber:detik.com)

Tags:
author

Author: 

"Sesempurna apa pun kopi yang kamu buat, kopi tetap kopi, punya sisi pahit yang tak mungkin kamu sembunyikan.” (Internet Marketers & Publisher)