Inilah Alasan Kenapa Asma Bisa Renggut Nyawa Istri Tukul Arwana

Inilah Alasan Kenapa Asma Bisa Renggut Nyawa Istri Tukul Arwana

HarianDepok.com – Kesehatan , Istri pelawak Tukul Arwana, Susiana atau yang akrab dikenal dengan sebutan Susi Similikiti, meninggal dunia pada Selasa (23/08/2016) pukul 18.00 akibat penyakit asma yang dideritanya. Sebelumnya, Susi sempat mendapatkan perawatan intensif di Rumah Sakit Brawijaya, Jakarta.

Lalu, mengapa asma bisa mematikan?  Menurut yang dilansir Daily Mail, Kepala Penasihat Medis dari National Asthma Campaign Inggris, Dokter Martyn Partridge menjelaskan, bahwa pada umumnya kematian karena asma dipicu oleh gejala yang semakin memburuk dan terjadi secara gradual hingga menyebakan kematian.

“Penyebab utama kematian akibat asma terjadi karena kondisi henti napas yang menyebabkan saluran napas tertutup dan pasokan oksigen ke otak terhenti. Kasus ini jarang terjadi,” tutur Martyn.

Seperti yang diketahui, penderita asma mempunyai saluran pernapasan yang lebih sensitif. Saat paru-paru teriritasi oleh beberapa hal, yaitu iritasi udara, infeksi saluran napas dan obat tertentu akibatnya otot-otot saluran pernapasan akan kaku dan menyempit.

Selanjutnya, terjadi peningkatan produksi dahak yang membuat penderita asma sulit bernapas. Fatalnya, minimnya udara di saluran napas, membuat oksigen berkurang di paru-paru hingga tidak ada sama sekali. Hal ini pun menyebabkan penderita asma pingsan hingga meninggal dunia.

[ HD/NRM ]

Tags:
author

Author: