Inilah Langkah Mudah Mengelupas Wallpaper

Inilah Langkah Mudah Mengelupas Wallpaper

HarianDepok.com – Properti , Memiliki interior rumah yang dilengkapi dengan wallpaper atau stiker dinding terkesan begitu playful dan menyenangkan. Namun sayang, semua wallpaper mempunyai usia tertentu hingga akhirnya terlihat kusam atau mengelupas. Dinding rumah pun terlihat tidak lagi menarik, dan Anda harus menyediakan waktu untuk menggantinya dengan yang baru.

Tidak mudah menghapus wallpaper, semua tergantung pada ukuran, lama penempelan, hingga material Wallpaper. Ada beberapa wallpaper yang bisa dihapus dalam waktu satu jam, namun ada juga membutuhkan waktu hingga seharian penuh. Seperti yang dilansir Rumah.com, simak langkah tutorial menghapus wallpaper berikut ini.

Mengecek kondisi wallpaper

Jika wallpaper Anda baru ditempel dalam waktu relatif singkat, maka Anda beruntung! Sangat mudah menarik wallpaper yang baru beberapa bulan menempel di dinding, tanpa perlu menyemprotkan air atau bahan kimia tertentu. Cara mengetesnya adalah dengan mencungkil tepi wallpaper dengan pisau kecil kemudian tarik dengan tangan hingga selesai.

Akan tetapi, jika wallpaper terlihat sangat lengket dan sulit dilepas, gunakan cara alternatif lainnya.

Siapkan Peralatan

Ada beberapa peralatan yang diperlukan untuk mengelupas wallpaper, namun sesuai dengan metode yang ingin Anda gunakan. Namun beberapa alat di bawah ini umumnya akan dibutuhkan dalam proses pengelupasan:

  • Pisau dempul atau putty knife
  • Botol sprai
  • Sarung tangan plastik atau karet, masker wajah.
  • Kain penadah kotoran di lantai
  • Masking tape (Sticker bening)
  • Chemical Stripper (larutan kimia penghapus cat dinding)
  • Steamer

Persiapkan Ruangan Anda

Sebelum mulai menghapus wallpaper, lepas semua dekorasi dinding yang menggantung. Mulai dari lukisan, foto, pajangan gantung, sampai dengan kain tirai/gorden. Setelah itu singkirkan barang-barang dan furnitur lain di ruangan Anda. Sisanya bisa Anda tutup dengan dropcloth agar tidak terkena debu dan kotoran. Terakhir, drop cloth juga bisa Anda gunakan untuk melapisi lantai dari ketumpahan cairan seperti lem, air atau debu.

Buat Larutan Khusus

Mulai pekerjaan Anda dengan mencungkil bagian ujung wallpaper yang menempel di dinding Anda. Kemudian tarik dengan tangan secara perlahan. Jangan terlalu keras menarik agar tidak merusak plaster bagian dalamnya. Jika terasa lengket dan sulit dilepas, semprotkan cairan yang disimpan dalam botol sprai.

Gunakan air panas, atau dicampur sedikit dengan pelembut pakaian. Tak perlu banyak-banyak, yang penting air yang digunakan cukup hangat untuk mengelupas lem. Setelah cairan siap disemprotkan, lakukan sprai dan tunggu sekitar lima hingga 15 menit sebelum ditarik. Jangan tunggu terlalu lama agar cairan lem tidak berubah jadi bubur.

Waktunya Mengelupas

Jika wallpaper tak juga mengupas dengan mudah, gunakan cara alternatif berikutnya, yaitu dengan dicungkil dengan pisau dempul. Cara ini terbilang efektif, namun alternatif lain yang bisa dicoba adalah dengan “menguapkan” dinding Anda menggunakan steamer. Panas yang dihasilkan dari steamer akan mengurangi sifat perekat dari lem dinding. Gunakan sarung tangan, buka jendela dan jangan terlalu lama mendekatkan steamer ke wallpaper dinding.

Hanya butuh waktu sekitar 30 hingga 40 detik sudah cukup. Ketika kertas dinding terlihat mengelupas, Anda bisa gunakan pisau dempul untuk membantu menarik dari dinding. Sekarang dinding Anda sudah bersih dari wallpaper kusam, saatnya memberi dekorasi baru pada dinding dengan mengecat atau menempelnya dengan wallpaper baru.

[ MuhammadKhotib/HD ]

Tags: