Stres Rumah Seperti Gudang? Ini Barang yang Harus Dibuang

Stres Rumah Seperti Gudang? Ini Barang yang Harus Dibuang

HarianDepok.com – Properti , Langkah pertama saat ingin mengurangi stress dan lebih memperhatikan diri Anda sendiri adalah memastikan bahwa lingkungan tempat tinggal Anda juga mendukung. Keadaan rumah yang berantakan bisa membuat mood menjadi negatif dan membuat Anda menjadi tidak nyaman. Jadwalkan hari untuk membuang barang-barang yang tidak diperlukan setiap satu bulan sekali untuk memastikan Anda tidak menumpuk barang-barang tidak berguna di rumah.

Simak penjelasan yang dikutip dari Rumah.com untuk membantu Anda menyingkirkan barang-barang tersebut:

1.Struk, kertas tagihan dan dokumen

Buang kertas-kertas seperti struk pembelian barang yang tidak akan dikembalikan atau ditukar kembali. Kertas tagihan yang sudah dilunasi dan simpanlah hanya surat-surat dokumen yang benar-benar penting. Jika Anda khawatir akan membutuhkannya suatu saat nanti, scan kertas tersebut dan simpan dalam komputer.

2. Majalah Bekas

Singkirkan majalah bekas yang selama ini hanya berada di tempatnya dan hampir tidak pernah Anda baca lagi. Cari tempat untuk mendonasikan majalah seperti tempat penitipan anak, kantor dokter, salon perawatan kuku, dan perpustakaan. Jika ada artikel yang terasa penting bagi Anda, scan bagian halaman tersebut dan simpan dalam komputer. Anda juga bisa mencetak dan menyimpannya dalam sebuah map.

3. Buku

Lihat kembali rak buku dan kumpulkan buku-buku yang sudah berbulan-bulan tidak disentuh atau Anda tidak berencana untuk membacanya ulang. Tetap realistis, jika Anda tidak menyentuh buku tersebut lebih dari setahun sudah dipastikan Anda tidak akan membacanya. Jual buku-buku tersebut di Amazon atau eBay atau donasikan kepada yang membutuhkan.

4. Pakaian

Jika Anda memiliki pakaian yang tidak dipakai selama lebih dari dua tahun, singkirkan. Anda bisa membuat garage sale untuk menjualnya atau mendonasikan kepada yang membutuhkan.

5. Obat-obatan dan vitamin

Periksa tanggal kadaluarsa obat-obatan dan vitamin di lemari Anda. Singkirkan yang sudah melewati tanggal kadaluarsa dan yang sudah tidak digunakan. Sebelum membuangnya, periksa prosedur pembuangan yang benar untuk obat tersebut. Ada beberapa instansi seperti FDA yang menyarankan untuk memasukkanya ke dalam kontainer atau plastik yang ditutup rapat sebelum membuangnya.

6. Makanan

Periksa lemari makanan dan juga kulkas apakah ada makanan yang sudah kadaluarsa, tidak dimakan atau membusuk. Lakukan hal ini paling tidak satu minggu sekali untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

7. Alat rias dan minyak wangi

Lihat kembali meja rias di rumah dan periksa peralatan rias yang sudah terlalu lama atau tidak pernah digunakan. Ada beberapa merk yang mau menerima wadah-wadah bekas peralatan rias seperti eye shadow, lip gloss atau lipstick

8. Barang elektronik yang tidak digunakan

Memiliki piano elektrik yang sudah tidak Anda gunakan? Atau Anda ingin menyingkirkan laptop atau handphone lama? Jual barang-barang elektronik di beberapa portal atau forum jual beli di internet.

9. Barang-barang memorabilia

Beberapa pakar menyarankan untuk barang-barang kenangan yang tidak berguna seperti kartu ucapan atau hadiah. Jika Anda ingin menyimpan sebagian barang tersebut, buat sebuah tempat penyimpanan khusus seperti kotak sepatu bekas. Buang barang-barang yang tidak dapat disimpan di kotak tersebut.

[ MuhammadKhotib/HD ]

Tags: