Kini Pencurian Listrik PLN Akan Cepat Terdeteksi Dengan Sistem Ini

Kini Pencurian Listrik PLN Akan Cepat Terdeteksi Dengan Sistem Ini

HarianDepok.com – Bisnis , Kini PT PLN Persero dapat memantau pencurian listrik dengan cepat. Lewat jaringan cerdas (Smart Grid) dengan menggunakan sistem Automactic Meter Reading (AMR) yang dapat mencatat konsumsi listrik secara detail, PLN bisa langsung mengetahui dengan cepat di mana ada pencurian listrik.

Anggota Pakar P?rakarsa Jaringan Cerdas Indonesia Ngurah Adyana menuturkan, ?sistem AMR adalah alat pencatat konsumsi listrik yang dipasangkan pada meteran pelanggan dan terintegrasi pada sistem pencatatan di PLN. Saat ini AMR telah dipasang pada meteran pelanggan dengan kapasitas di atas 40 Kilo Volt (KV).

“Kita pakai sistem AMR, ada media dipasangkan di pelanggan kita bisa baca load profile, dari itu kita tau karakter di setiap daerah ?seperti apa, di Jawa Tengah tinggi beban malam karena industri belum jalan, di Jakarta siang karena industri sudah jalan,” ujar Adyana, di ?kantor sekretariat Prakarsa Jaringan Cerdas Indonesia, Jakarta,seperti yang dikutip Liputan6.com, Senin (25/07/2016).

Di tempat yang sama Anggota Pakar P?rakarsa Jaringan Cerdas Indonesia Parno Isworo melanjutkan, dengan menggunakan sistem tersebut PLN tidak perlu lagi mengirim petugas untuk mencatat konsumsi listrik pada pelanggannya.

“Sehingga tidak perlu baca meter. Pola pemakaian pelanggan bisa diikuti lebih ketat, artinya rumah tangga begini pagi hari lampu mati penggunaan rendah, malam hari jam 5-6 lampu nyala beban tinggi. Sementara industri pagi hari siang hari tinggi mesin hidup, malam turun mesin mati,” ungkap Parno.

Parno mengatakan, dengan pencatatan ketat tersebut bisa mendeteksi dengan cepat terjadinya pencurian listrik. Karena jika ada konsumsi listrik yang tidak seperti biasanya, PLN langsung bisa membuktikan.

“Ada kurvanya. Jadi kalau mau nyolong selamatlah, misal biasanya pemakaian 500 Kwh karena listriknya dari colong bulan berikutnya pembaca meter hanya 300 ya 300, dengan ada AMR bisa dibaca polanya, jadi monitoring pencurian listrik jadi remote,” pungkas Parno.

[ MuhammadKhotib/HD ]

Tags: