Warga Poso Diteror Benda Mirip Bom Pasca Pemakaman Santoso

jenazah santoso, pemakaman santoso, bom di poso

HarianDepok.com – Berita – Nasional , Pada Minggu siang (24/07/2016) sekitar pukul 12.35 Wita Warga di Poso Sulawesi Tengah digegerkan dengan penemuan sebuah benda mencurigakan yang didiuga bom di Jalan Trans Sulawesi, Kelurahan Kawua, Kecamatan Poso Kota Selatan. Warga yang melihat benda berbentuk kardus kecil dengan lilitan kabel tersebut langsung melaporkan ke pihak kepolisian setempat. Tak berselang lama, tim Jibom Polda Sulteng langsung melakukan sterilisasi di sekitar tempat kejadian.

Tim Jibom nampak langusng memeriksa benda yang diletakkan di samping salah satu motor warga yang terparkir. Sang pemilik motor, Darmiati mengatakan, usai pulang dari rumah ibadah, ia kaget saat akan menaiki motornya dan melihat ada kotak handphone berwarna hitam dengan kabel. Dengan panik ia segera melaporkan benda tersebut.

“Pas mau pulang dan mengendarai motor, ada kotak kecil dan adanya lilitan kabel di persneling motor. Saya langsung melaporkan ke pihak keamanan setempat,” ungkap Darmiati. Kabid Humas Polda Sulteng AKBP Hari Suprapto mengatakan, aksi itu merupakan teror yang sengaja dilakukan oleh oknum yang ingin mengacaukan situasi di Poso saat ini.

Akan tetapi, ia memastikan benda tersebut hanya mainan yang dipasangi kabel dan tidak berbahaya. Aksi ini berlangsung hanya satu hari usai pemakaman jenazah teroris Mujahidin Indonesia Timur (MIT) Santoso. Akan tetapi, AKBP Hari Suprapto tidak mau dugaan bom yang menghebohkan tersebut dikaitkan dengan pemakaman Santoso.

“Aksi teror ini tidak ada sangkut paut dengan pemakaman jenazah almarhum Santoso dan sejauh ini poso masih dalam suasana kondusif,” ujar Hari. Benda mencurigakan tersebut, saat ini diamankan tim Jibom Polda Sulteng untuk dilakukan penyelidikan lebih lanjut. Pihak kepolisian juga akan memeriksa sejumlah saksi terkait teror tersebut.

[ TaufikHidayat/HD ]

Tags:
author

Author: 

Writer and Author In HarianDepok