Sistem Drainase Yang Buruk Diduga Menjadi Faktor Penyebab Depok Banjir

Sistem Drainase Yang Buruk Diduga Menjadi Faktor Penyebab Depok Banjir

HarianDepok.com – Berita , Wilayah kota Depok yang pada pekan ini kerap diguyur oleh curah hujan yang tinggi di 11 Kecamatan yang ada mengakibatkan sejumlah ruas jalan yang ada tergenang oleh banjir. Hal tersebut membuat sejumlah arus lalu lintas macet total akibat adanya genangan air tersebut. Kondisi ini diperparah oleh masih belum berfungsinya dengan baik saluran drainase yang ada sehingga memperparah genangan air di sejumlah jalan utama kota.

Beberapa jalan yang terendam oleh banjir diantaranya adalah Jalan Margonda Raya dan Jalan Dewi Sartika sehingga mengakibatkan antrian yang cukup panjang di kedua arah. Sejumlah polisi lalu lintas pun berupaya semaksimal mungkin mengatur arus lalu lintas agar dapat mengurai kemacetan yang ada.

Banyaknya angkutan umum kota (Angkot) yang memanfaatkan hal tersebut mengetem sembarangan di beberapa titik di sepanjang jalan Margonda Raya juga dianggap sebagai salah satu faktor penyebab parahnya kemacetan lalu lintas di wilayah tersebut.

Menurut informasi yang didapatkan di lapangan, belum terlihat adanya upaya perbaikan dari pihak pemerintah setempat dalam mengatasi permasalahan tersebut yang dimana campur tanganya amat sangat diharapkan oleh seluruh masyarakat yang menginginkan adanya perbaikan di wilayah kota Depok khususnya di sektor saluran air kota yang masih belum berfungsi secara maksimal.

Selain intensitas curah hujan yang cukup tinggi di wilayah kota Depok, sampah liar yang jumlahnya cukup banyak diduga juga sebagai salah satu penyebab tidak berfungsinya dengan baik saluran drainase kota yang dimana sampah sampah liar tersebut menghambat aliran air sehingga mengakibatkan sejumlah ruas jalan kota lumpuh oleh banjir.

Perlu adanya tindakan tegas dari pemerintah setempat guna mengatasi hal tersebut sedini mungkin agar dapat menyelamatkan aset umum dari berbagai kerusakan yang mengakibatkan kerugian yang ditanggung oleh masyarakat dan kota Depok.(Izl)

[ MuhammadKhotib/HD ]

Tags: