Helikopter Tentara Prancis Ditembak Jatuh Oleh Rudal di Libya

Helikopter Tentara Prancis Ditembak Jatuh Oleh Rudal di Libya

foto: ilustrasi

HariaDepok.com – Berita – Internasional , Tiga tentara Prancis tewas ketika menjalani misi intelijen di Libya. Presiden Prancis Francois Hollande mengungkapkan bahwa pasukan tersebut tewas dalam kecelakaan helikopter. “Pasukan itu tewas dalam kecelakaan helikopter ketika hendak mengambil bagian dalam operasi intelijen yang berbahaya,” tutur Hollande, seperti yang dilansir AFP, Kamis (21/07/2016).

Hollande yang dikonfirmasi secara resmi mengatakan Prancis mempunyai pasukan di negara yang dikuasai ISIS. Namun, Hollande tidak menyebutkan kapan insiden itu terjadi. Sumber Libya mengatakan kepada AFP, sebuah helikopter M17 ditembak jatuh oleh rudal. Dugaan sementara, pasukan tersebut menjadi target oleh militan ISIS.

“Mungkin ditargetkan oleh kelompok ISIS di wilayah Magroun, sekitar 65 kilometer sebelah barat dari Benghazi pada Minggu,” ujar seorang komandan pasukan yang setia kepada jenderal kontroversial, Khalifa Haftar. Sumber lainnya yang dekat dengan Haftar, yakni seorang penentang pemerintah yang didukung oleh persatuan kelompok internasional di Tripoli dan faksi-faksi Islami yang telah dikuasai sebagian besar negara mengatakan, tentara Prancis yang tewas adalah penasehat militer.

Sebelumnya, Menteri Pertahanan Jean Yves Le Drian memuji ‘keberanian pengabdian’ para petugas ketika mengumumkan kematian prajurit. Akan tetapi, ia tidak memberikan informasi lebih rinci tentang bagaimana mereka terbunuh. Milisi saingan di Libya telah berlomba-lomba untuk meraih kekuasaan sejak penggulingan veteran diktator Moamer Kadhafi pada tahun 2011.

Para analis menyebut beberapa kelompok islam radikal termasuk ISIS telah berada di sekitar Benghazi yang terletak di timur. Benteng utama ISIS ada di kota pesisir tengah Sirte, Libia. Pasukan yang setia kepada pemerintah telah terlibat dalam pertempuran selama dua bulan untuk berupaya merebut kembali kota dari kelompok jihad.

[ TaufikHidayat/HD ]

Tags:
author

Author: 

Writer and Author In HarianDepok