Cara Pilih Tanaman Berdasarkan Karakter Lingkungannya

Cara Pilih Tanaman Berdasarkan Karakter Lingkungannya

HarianDepok.com – Properti , Setiap tanaman mempunyai karakteristik kondisi wilayah tumbuh yang beragam. Ada yang cocok di dataran rendah, ada yang butuh lebih banyak curah hujan, dan lain-lain. Untuk itu, Anda harus bisa memilih tanaman yang tepat untuk ditanam di rumah. Kondisi lingkungan memang memengaruhi jenis tanaman. Berikut beberapa tanaman yang akan tumbuh subur di kondisi lingkungan tertentu.

  1. Tanaman di cuaca panas

Kamboja

Pohon yang bunganya memiliki beragam warna ini cenderung membutuhkan suh yang hangat sebagai tempatnya bertumbuh. Kamboja biasanya membutuhkan suhu udara 25-35°C, bahkan tanaman ini tetap bertahan meski sinar matahari sangat terik.

Saat musim kemarau, kamboja akan menggugurkan daunnya untuk menjaga kelembapannya. Kamboja bahkan dapat tumbuh meski minim perawatan.

Kamboja Jepang

Tak jauh beda dengan kamboja, adenium atau kamboja Jepang membutuhkan sinar matahari hangat untuk menumbuhkan tunasnya. Makanya jangan heran jika saat cuaca panas, tanaman ini justru berbunga sangat banyak.

Kaktus

Anda tentu sudah tahu jika tanaman ini justru sangat membutuhkan suhu yang panas. Jadi, saat musim hujan, sebaiknya masukkan kaktus ke dalam ruangan dan siramlah minimal seminggu sekali untuk mencegah akarnya busuk.

Bougenville dan euphorbia

Tanpa Anda perlu menyiramnya setiap hari pun tanaman ini akan bertumbuh dan berbunga sendiri. Anda tinggal menggunting atau memangkasnya untuk mencegahnya terlalu rimbun karena durinya yang tajam dan besar.

Siklok

Tanaman ini memang tak ada bunganya, tapi daunnya yang besar dan menyerupai kubis membuatnya cocok sebagai tanaman hias. Jika mendapatkan sinar matahari yang cukup, daun siklok akan berwarna keputihan, sedangkan jika tak mendapatkan sinar, daunnya akan hijau begitu saja.

Melati

Berbagai jenis melati, mulai dari melati Bali hingga melati Jepang dapat tumbuh di lingkungan yang bersuhu 24-26°C. Bunga ini juga tak mengenal musim, setiap hari selalu ada bunga baru yang muncul.

  1. Tanaman di cuaca sedang

Anggrek

Tanaman cantik ini sebenarnya dapat menyesuaikan dirinya dengan iklim di sekitarnya, asalkan Anda memenuhi kebutuhan nutrisinya. Anggrek bulan cenderung tumbuh subur di lingkungan 21-29°C.

Dahlia

Walau dahlia cenderung membutuhkan suhu yang sedang seperti anggrek, tapi akan lebih baik jika sesekali tanaman ini terkena paparan sinar matahari. Sinar matahari akan membuat tunas bunga tumbuh lebih banyak.

Aster

Walau aster tahan dengan paparan sinar matahari tapi tanaman ini membutuhkan suhu sekitar 21-30°C agar batang dan daunnya tak cepat kering. Aster juga tahan tak disiram beberapa hari.

  1. Tanaman di cuaca sejuk

Mawar

Anda mungkin pernah melihat mawar tumbuh subur di area panas, tapi jika Anda bandingkan dengan mawar yang ditanam di area sejuk, kelopak bunga mawar di daerah sejuk cenderung lebih besar. Suhu ideal untuk mawar adalah 16-18°C.

Lili

Jika Anda cukup rajin merawatnya, tanaman impor ini dapat bertahan di suhu yang sama dengan mawar. Bunga yang mekar dapat bertahan hingga lebih dari satu minggu.

[ TaufikHidayat/HD ]

Tags:
author

Author: 

Writer and Author In HarianDepok