Marquez Tentang Usul Valentino Rossi Soal Penggunaan Radio Komunikasi

Marquez Tentang Usul Valentino Rossi Soal Penggunaan Radio Komunikasi

HarianDepok.com – MotoGP , Rider Repsol Honda, Marc Marquez, menentang usul Valentino Rossi mengenai komunikasi radio ketika balapan berlangsung. Pembalap berjuluk Baby Alien itu menilai jika radio komunikasi justru bakal membahayakan pembalap.

“Saya katakan tidak. Saya tidak bisa membayangkan diri saya berbicara dengan mekanik ketika saya sedang menikung,” ujar Marquez di GPOne. Usulan penggunaan radio komunikasi dikemukakan Rossi setelah kalah di MotoGP Sachsenring, Jerman, Minggu (17/06/2016). Rossi kalah karena tidak mematuhi instruksi tim untuk mengganti motornya di lap ke-20.

Pembalap berusia 37 tahun itu baru mengganti motornya di lap ke-23. Penggantian motor dilakukan karena perubahan kondisi lintasan yang menjadi kering usai di tahap pertama lintasan basah karena hujan. Pembalap asal Italia itu mengaku tidak melihat instruksi yang diberikan krunya via lap board.

Alhasil, Rossi menyarankan MotoGP menggunakan komunikasi radio seperti yang digunakan di Formula 1 (F1) agar dapat memudahkan pembalap untuk berkomunikasi dengan kru di pit. Akan tetapi, Marquez menyebut, untuk membuat rencana yang baik, para pembalap untuk terlebih dahulu berkomunikasi dengan kru masing-masing sebelum balapan dimulai.

Hal tersebut menurutnya lebih baik daripada menggunakan radio komunikasi. “Saya belajar dari apa yang terjadi di Australia pada 2013 dan sekarang, kami menjalani lebih banyak pertemuan sebelum balapan dimulai,” ujar pembalap asal Spanyol tersebut. Marquez secara mengejutkan keluar sebagai pemenang di GP Sachsenring. Padahal, ia sempat keluar lintasan dan tercecer ke posisi bawah.

[ NandaRiskiawan/HD ]

Tags:
author

Author: 

Internet Marketers & Penulis Konten