Pengumuman Kelulusan Hasil UM PTKIN 2016 Bisa Dicek di Situs Ini

Pengumuman Kelulusan Hasil UM PTKIN 2016 Bisa Dicek di Situs Ini

HarianDepok.com – Berita – Nasional , Sejak Senin kemarin (18/07/2016) pada pukul 13.00 WIB, pengumuman kelulusan hasil UM PTKIN 2016 (Ujian Masuk Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri) sudah bisa diakses. Bagi yang sudah mendaftarkan diri sebagai peserta seleksi, bisa melihat lulus atau tidak-nya dalam ujian masuk tersebut dengan mendatangi laman resmi UM PTKIN pada alamat http://um-ptkin.ac.id/.

UM PTKIN, sesuai dengan namanya, adalah seleksi tingkat nasional oleh seluruh Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri, yanvg mencakup Universitas Islam Negeri (UIN), Institut Agama Islam Negeri (IAIN), dan Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) di wilayah Indonesia. Dalam situs resmi UM PTKIN tercatat ada 55 PTKIN yang daftarnya dimulai dari UIN Sumatera Utara Medan hingga STAIN Meulaboh, Aceh Barat.

Jadwal UM PTKIN sendiri sudah dilakukan secara serentak pada Selasa dan Rabu, 14 dan 15 Juni 2016. Ujian ini terbagi dalam dua hari, dengan hari pertama berisi Tes Potensi dan Academic Attitude serta Tes Kebahasaan. Kemudian, hari kedua berisi Tes IPA/ IPS/ IPC. Biaya pendaftarannya sebesar Rp 150.000,00. Setelah tes, para peserta UM PTKIN menunggu hingga pengumuman pada Senin (18/07/2016) lalu. Pengumuman bisa dipantau dari situs  um-ptkin.ac.id.

Kita yang mengunjungi situs tersebut akan mendapatkan dua opsi tautan untuk melihat hasil ujian. Cukup klik salah satu saja, kita akan dibawa ke halaman baru berjudul Hasil Seleksi UM-PTKIN 2016. Yang dibutuhkan hanyalah menuliskan nomor peserta ujian, ditambah mengetik ulang kode keamanan (captcha) yang berada di bawahnya. Selanjutnya, dengan mengklik tombol ‘klik kelulusan’ kita akan mendapatkan keterangan, apakah peserta dengan nomor yang kita tuliskan diterima di UM PTKIN atau tidak.

Tags:
author

Author: 

Writer and Author In HarianDepok