Pembebasan Lahan Proyek Tol Cimanggis – Cibitung Depok Dilanjutkan

Pembebasan Lahan Proyek Tol Cimanggis - Cibitung Depok Dilanjutkan

HarianDepok.com – Berita , Proyek pembangunan jalan Tol Cimanggis – Cibitung yang mangkrak pekerjaannya sejak beberapa tahun belakangan ini, akhirnya pengerjaannya dilanjutkan kembali oleh Pemerintah Kota (Pemkot) Depok yang dengan optimis mengaku akan segera merampungkan proyek tersebut pada Oktober 2016 mendatang.

Menurut data yang berhasil dihimpun oleh awak media dilapangan, terbengkalainya proyek pembangunan Jalan Tol tersebut disebabkan oleh masih banyaknya lahan lahan milik warga yang belum berhasil dibebaskan sehingga mengakibatkan molornya pengerjaan proyek pembangunan jalan Tol tersebut.

Dan sampai dengan saat ini, semenjak pemerintahan kota Depok berada di bawah kendali Walikota Depok, Idris Abdul Shomad, proyek tersebut akhirnya dilanjutkan kembali yang dimana menurut data yang didapatkan dari Badan Pertanahan Negara (BPN) lahan warga yang tersisa untuk dibebaskan hanya tinggal 30 persennya saja.

Asisten Tata Praja Kota Depok, Dudi Miradz mengatakan, bahwa pihaknya membenarkan hal tersebut dimana sampai dengan saat ini lahan lahan yang nantinya akan dibebaskan untuk dikembangkan dan dijadikan jalan Tol tersebut hanya sebesar 30 persennya saja. Sedangkan untuk penyelesaiannya ditargetkannya akan rampung dalam beberapa bulan kedepan hingga Oktober 2016 mendatang.

“Lahan yang belum dibebaskan hanya tinggal sedikit lagi saja yaitu sebanyak 30 persennya saja. Kami menargetkan lahan lahan tersebut akan sudah dibebaskan dan akan rampung hingga Oktober 2016 mendatang,”tuturnya, Sabtu (16/07/2016).

Agar dapat berjalan sesuai dengan target yang telah ditentukan, pihaknya akan melakukan koordinasi dengan sejumlah instansi terkait seperti Badan Pertanahan Negara (BPN) dengan menggelar rapat percepatan pembangunan jalan Tol Cimanggis – Cibitung.

“Didasari oleh adanya penetapan lokasi Gubernur Jawa Barat (Jabar) akan dibahas kembali oleh sejumlah instansi terkait melalui rapat yang akan digelar pada pekan depan dengan menghadiri Kepala BPN yang baru. Kami optimis pelaksanaan dan pengerjaannya dapat diselesaikan sesuai dengan jadwal yang telah ditetapkan,” katanya.

Ia menjelaskan, terkendalanya pembebasan lahan untuk proyek pembangunan jalan Tol Cimanggis – Cibitung disebabkan oleh gugatan warga di PTUN terkait perubahan trase. Namun hal tersebut hingga kini bukanlah menjadi hambatan lagi dikarenakan gugatan yang diajukan telah berstatus ditolak.

Untuk itu, ia pun juga mengaku bahwa untuk pengerjaan proyek pembangunan jalan Tol Cibitung – Cimanggis akan dimulai kembali pada 2017 mendatang. Hal ini disebabkan oleh gugatan penolakan dari warga sudah kadaluwarsa,” ungkapnya.

Perlu diketahui bahwa sebelumnya, Presiden Joko Widodo pada beberapa hari lalu telah menyempatkan diri untuk memantau pembangunan jalan Tol Cimanggis – Cibitung yang pengerjaannya terhenti sejak tahun 2007 silam. Pada saat itu pembebasan lahan pun dilaporkan baru berjalan 0,7 persennya saja.(Izl)

[ AndriIdaman/HD ]

Tags:
author

Author: 

"Sesempurna apa pun kopi yang kamu buat, kopi tetap kopi, punya sisi pahit yang tak mungkin kamu sembunyikan.” (Internet Marketers & Publisher)