SBY Harus Bantu Transisi Kepemerintahan Ke Jokowi

SBY Harus Bantu Transisi Kepemerintahan Ke Jokowi

HarianDepok.com – Berita – Nasional , Presiden Susilo Bambang Yudhoyono dianggap sebagai orang yang tepat untuk membantu dalam transisi pemerintahan dari pemerintahannya untuk presiden terpilih Joko Widodo.

“Dengan bantuan dari pemerintah SBY, proses transisi akan berjalan lancar. Pemerintah baru bisa langsung berfungsi,” kata Hamdan Muluk, seorang profesor psikologi di Universitas Indonesia.

Dia mengatakan, pemerintahan Jokowi harus menggunakan anggaran negara yang disetujui selama masa SBY.

“Kita perlu belajar dari transisi pemerintah sebelumnya,” katanya.

Presiden Yudhoyono baru-baru ini mengecam tim transisi Jokowi ini dengan alasan bahwa pembicaraan untuk transisi tidak boleh dilakukan sampai Mahkamah Konstitusi ‘mengumumkan keputusannya.

“Rencana Jokowi ini tidak salah, karena setiap presiden ingin sukses. Saya pikir itu tidak etis jika saya atau menteri kabinet diminta untuk merencanakan transisi,” kata SBY.

Hamdi mengatakan, pemerintahan Yudhoyono bisa menampilkan kepemimpinannya dengan memfasilitasi proses transisi pemerintahan.

“Yang paling penting adalah kepentingan bangsa,” katanya.

Sementara Nusron Wahid mengatakan bahwa kehadiran tim transisi yang dibentuk oleh presiden Joko Widodo didasarkan pada semangat revolusi mental, semangat yang menggema selama masa kampanye yang dilakukan oleh Jokowi-JK.

“Tim Transisi adalah teknis dan konseptual, dalam hal pemerintah – kebijakan politik dan tidak bersifat pribadi,” kata Nusron.

Tim transisi diharapkan dapat menilai konsep pembangunan jangka panjang dan menengah secara nasional, yang harus mencakup semangat kemandirian dalam ekonomi, kedaulatan, dan budaya.

Adapun tugas untuk memilih menteri, Nusron mengatakan bahwa ia tetap menjadi hak prerogatif presiden dan wakilnya. Namun, ia menambahkan bahwa tim transisi adalah untuk membantu mempersiapkan kabinet baru agar dapat bekerja secara efisien.

[adm/HD]

Tags:
author

Author: 

"Sesempurna apa pun kopi yang kamu buat, kopi tetap kopi, punya sisi pahit yang tak mungkin kamu sembunyikan.” (Internet Marketers & Publisher)