Sebanyak 409 Narapidana di Depok Mendapatkan Remisi

Sebanyak 409 Narapidana di Depok Mendapatkan Remisi

HarianDepok.com – Berita , Pemerntah Indonesia dalam kebijakannya memberikan remisi kepada sejumlah narapidana yang berada di Rumah Tahanan (Rutan) Kelas IIB kota Depok pada saat hari raya Idul Fitri 1437 Hijriah pada pekan lalu, mendapatkan antusias dan ucapan terimakasih dari keluarga dan kerabat terdekat napi yang mengaku bersyukur atas adanya hal tersebut.

Sebanyak 21 narapidana dari 409 orang yang berada di Rutan tersebut, mendapatkan remisi dibebaskan dikarenakan oleh perilaku para napi tersebut yang baik pada saat menjalankan masa hukumannya. Selain mendapatkan remisi bebas, beberapa diantaranya pun juga mendapatkan pengurangan masa tahanan.

Kepala Rutan Kelas IIB Kota Depok, Sohibur Rachman pada saat dikonfirmasi oleh awak media belum lama ini mengatakan, bahwa pihaknya telah mendapatkan instruksi dari pemerintah pusat untuk memberikan remisi kepada sejumlah narapidana di wilayah tanggung jawabnya dikarenakan telah berkelakuan baik.

“Sebanyak 21 orang napi yang dibebaskan, namun secara fisik hanya ada 19 orang saja yang dua lainnya berada di Cipinang dikarenakan oleh sakit. Mereka juga memang warga lapas sana,” tuturnya belum lama ini.

Selain dirasakan oleh 21 narapidana tersebut, pemberian keringanan masa hukuman juga turut dirasakan oleh 388 napi yang mendapatkan masa potongan tahanan dengan masa antara 15 sampai dengan dua bulan. Kebijakan ini pun juga bukan semata mata dibagikan begitu saja, namun diberikan dengan beberapa syarat dan pertimbangan lainnya.

“Dari 637 narapidana yang diusulkan untuk mendapatkan remisi hanya sebanyak 409 saja yang disetujui. Namun pihak kami akan mencoba mengusulkan kembali bagi narapidana yang belum mendapatkan remisi,” jelasnya.

Sohibur menambahkan, pihaknya merasa turut bahagia atas adanya remisi yang didapatkan oleh warga binaannya pada Idul Fitri tahun 2016 ini. Meski demikian, dirinya dengan tegas mengatakan kepada seluruh narapidana yang mendapatkan remisi khususnya yang telah bebas agar tidak mengulangi perbuatannya dikemudian hari dan menjalankan kehidupan mereka dengan baik di luaran sana.

“Bagi seluruh warga binaan yang mendapatkan remisi, jaga terus sikap dan sopan santun baik itu di dalam lingkungan lapas maupun di luar. Untuk yang sudah bebas, jangan pernah mengulangi perbuatan buruk masa silam dan menjadi orang yang baik,” tandasnya.(Izl)

Tags:
author

Author: 

Writer and Author In HarianDepok