Ini Alasan Mengapa Banyak Masjid Jadi PokeStop di Pokemon Go

Ini Alasan Mengapa Banyak Masjid Jadi PokeStop di Pokemon Go

HarianDepok.com – Tekno – Game , Seperti yang diketahui, saat ini Pokemon Go tengah booming di Indonesia. Meski belum resmi meluncur untuk wilayah Asia, game yang mengharuskan pemainnya menangkap Pokemon ini sudah banyak dimainkan di Tanah Air. Bagi yang sudah bermain game ini pasti sudah tidak asing lagi dengan titik-titik tertentu di dalam game yang bernama PokeStop.

Berfungsi untuk mendapatkan item secara gratis, ternyata beberapa PokeStop yang ada di dalam game mendeteksi tempat ibadah mulai dari masjid, gereja, hingga wihara. Kenapa hal tersebut bisa terjadi? Sekadar informasi, sebelum meluncurkan Pokemon Go, Niantic Labs pernah merilis game berbasis lokasi yang berjudul Ingress pada 2012.

“Sebenarnya titik Pokestop di masjid atau tempat ibadah lainnya itu berdasarkan patokan data dari game Ingress. Pada game tersebut, titik-titik tersebut bernama checkpoints. Nah, setiap checkpoints dibuat oleh player Ingress lengkap dengan informasi beserta fotonya,” jelas Muhammad Sulhan selaku admin fanpage Pokemon Go Indonesia seperti yang dikutip Liputan6.com, Jumat (15/07/2016) malam.

“Berhubung banyak pemain Ingress mencantumkan tempat ibadah sebagai checkpoints, maka wajar saat data yang sudah dikumpulkan tersebut menampilkan masjid, wihara, dan gereja menjadi lokasi PokeStop,” tambahnya.

Melalui situs resmi Ingress, mereka secara lengkap menjelaskan bagaimana checkpoints tersebut dapat berupa berbagai lokasi yang mempunyai cerita unik, bersejarah, mempunyai nilai-nilai edukasi, dan berbagai bangunan unik lainnya.

[ MuhammadKhotib/HD ]

Tags: