BPMK Depok Berdayakan Orang Tua Mencegah Kejahatan Terhadap Anak

BPMK Depok Berdayakan Orang Tua Mencegah Kejahatan Terhadap Anak

HarianDepok.com – Berita , Maraknya kasus pelecehan seksual dan kejahatan terhadap anak dibawah umur membuat Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Keluarga (BPMK) Kota Depok menghimbau kepada para orang tua agar turut berpartisipasi mencegah akan timbulnya kejahatan terhadap anak yang saat ini semakin mengkhawatirkan.

Himbauan ini tercetus dikarenakan oleh maraknya penggunaan perangkat canggih (gadget) nan murah oleh remaja dan anak anak di era modern saat ini yang biasanya dimanfaatkan oleh para pelaku kejahatan untuk memperdaya korbannya dengan menggunakan beberapa media sosial yang kini dapat diakses dengan mudah dan gratis.

Kepala Seksi Badan Perlindungan Anak, Kota Depok, Tri Rejeki saat dikonfirmasi oleh awak media di Balaikota belum lama ini mengatakan bahwa para orang tua pada masa saat ini dan seterusnya eloknya harus memproteksi anak anaknya dari berbagai kejahatan seperti diantaranya melarang anak untuk berbicara dengan orang asing sampai dengan mengawasi perilaku anak terlebih lagi pada saat mereka tengah menggunakan gadget.

“Orang tua wajib melindungi anak anaknya sejak dini dari berbagai macam tindak kejahatan kepada anak yang kini marak terjadi. Ada beberapa cara mudah dan efektif untuk menghindari anak dari tindak kejahatan yang diantaranya adalah dengan melarang mereka berbicara dengan orang asing, pengawasan terhadap gadget yang digunakan oleh anak, berlakukan aturan yang baik dengan melarang anak menerima apapun dari orang yang tidak dikenalnya,” tuturnya, Kamis (14/07/2016).

Selain menerapkan hal tersebut, para orang tua pun juga hendaknya melakukan pendekatan kepada anak anak mereka seperti bermain bersama dan hal positif lainnya sehingga dapat membangun kedekatan psikologi anak dengan orang tua. Hal ini sangat efektif mencegah timbulnya kejahatan terhadap anak.

“Selain menerapkan pengawasan dan aturan positif kepada anak, para orang tua baiknya juga melakukan pendekatan kepada anak anak mereka agar dapat menjalin hubungan baik antara anak dengan para orang tua. Baik itu di dalam maupun di luar rumah,” katanya.

Ia juga mengungkapkan bahwa penggunaan perangkat canggih seperti smartphone yang marak digunakan oleh kaum remaja dan anak anak kini dampak negatifnya lebih besar ketimbang menonton televisi sehingga diperlukan akan adanya pengawasan yang ekstra ketat terhadap anak agar mereka dapat terhindar dari berbagai macam tindak kejahatan dan seksual.

“Yang saya lihat saat ini, dampak negatif dari penggunaan gadget oleh kaum remaja dan anak anak lebih besar ketimbang menonton televisi yang dapat langsung diawasi dan diarahkan oleh para orang tua apabila ada beberapa tayangan yang kurang baik,” jelasnya.

Maka daripada itulah guna mencegah dan menekan serta mempersempit ruang gerak para pelaku kejahatan anak agar dapat berjalan dengan baik, perlu adanya kontribusi dari berbagai pihak khususnya para orang tua yang menjadi garda depan menjaga anak anak dari berbagai tindak kejahatan anak sehingga dapat diminimalisir dengan baik.(Izl)

[ MuhammadKhotib/HD ]

Tags: