Warga Depok Diajak Benah Sampah di Sungai

Warga Depok Diajak Benah Sampah di Sungai

HarianDepok.com – Berita , Pengembangan Unit Pengolahan Sampah (UPS) dan bank sampah di Depok sejauh ini dianggap cukup baik, terutama Depok juga bekerja sama dengan kota Osaki, Jepang dalam pengelolaan sampah. Tetapi sampai sekarang sampah di perairan perlu penindakan lebih lanjut.

Dinas Bina Marga dan Sumber Daya Air (BMSDA) Kota Depok bertanggung jawab untuk pengangkutan sampah ke sungai masih belum bisa menyentuh pelatihan masyarakat dalam kaitannya dengan pembuangan limbah ke saluran air. Atas dasar itu, Badan Lingkungan Hidup (BLH) Depok melakukan pelatihan masyarakat di sekitaran sungai.

Terletak di ruang rapat kantor Depok BLH, BLH mengajak enam kabupaten yang dilintasi oleh sungai Ciliwung dan saluran irigasi Cabang Timur. Selain itu, ada perwakilan dari BMSDA, Bappeda, Departemen Sekretaris Jenderal, serta warga.

“BLH akan melakukan pelatihan pada RT di dua saluran yang kita tahu menjadi titik pantau Adipura,” kata Plt Kepala BLH Depok, Kania Purwanti.

Kania menjelaskan bahwa pembinaan ini memiliki indikasi yang jelas dari pembangunan, yang berarti bahwa akan dibuat model RT pada akhir Desember. Bentuk kegiatan pembinaan, ada dua hal, yaitu, kabupaten mendorong untuk melaksanakan pelatihan itu saja tidak tergantung pada tingkat kota, pembinaan berfokus pada keluhan bahwa orang tidak membuang sampah ke saluran pembuangan, selain itu juga akan diberikan bimbingan limbah.

“Bahwa ada enam kabupaten menyeberangi Ciliwung tapi yang datang ke pertemuan ini hanya empat, yaitu Cipayung, Sukmajaia, Cimanggis dan Pancoran Mas. Jadi kita konsntrasi dalam empat kecamatan,” katanya.

[adm/HD]

Tags:
author

Author: 

"Sesempurna apa pun kopi yang kamu buat, kopi tetap kopi, punya sisi pahit yang tak mungkin kamu sembunyikan.” (Internet Marketers & Publisher)