Pasca Lebaran Jumlah Penduduk di Kota Depok Diprediksikan Meningkat Hingga 3,7 Persen

Pasca Lebaran Jumlah Penduduk di Kota Depok Diprediksikan Meningkat Hingga 3,7 Persen

HarianDepok.com – Berita , Maraknya perpindahan penduduk desa ke kota menjadi salah satu hal yang kerap terjadi pada saat arus balik mudik lebaran baik di kota besar seperti Jakarta maupun kota penyangga lainnya seperti kota Depok yang diprediksikan jumlah penduduknya akan bertambah sebesar 3,7 persen atau sama dengan 75.000 jiwa akibat adanya migrasi penduduk dari desa ke kota.

Hal tersebut kerap terjadi ditenggarai oleh banyaknya pendatang baru yang menjadikan kota Depok sebagai lahan untuk mencari pekerjaan untuk dapat mendompleng perekonomian keluarga agar menjadi lebih baik lagi.

Menyikapi hal tersebut, Wakil Walikota Depok, Pradi Supriatna menghimbau kepada seluruh warga pendatang agar tidak datang ke kota Depok apabila tidak memiliki keahlian atau pendidikan yang baik. Pasalnya, apabila dibiarkan maka jumlah pengangguran di wilayah kota Depok akan melonjak naik yang berdampak kepada perekonomian kota dan kesejahteraan masyarakatnya.

“Di kota Depok ini kompetitif, apabila tidak memiliki keahlian atau pendidikan yang baik maka akan sulit bersaing dan juga sulit untuk mendapatkan pekerjaan,” tuturnya kepada awak media belum lama ini.

Oleh sebab itulah warga pendatang yang berniat untuk mencari pekerjaan ataupun yang mengadu nasib harus memiliki keahlian yang baik sehingga dapat bersaing dengan yang lainnya. Namun, apabila hal tersebut tidak dimiliki oleh warga pendatang yang ingin mencari pekerjaan, maka dikhawatirkan akan menjadi beban kota.

“Inilah resiko yang kerap dialami oleh sejumlah daerah ataupun kota yang sedang berkembang pesat. Adanya migrasi penduduk dari desa ke kota tidak dapat dipungkiri lagi. Namun, sebagai petugas harus kita tangani dengan baik dan lugas. Bagaimanapun juga mereka ini adalah saudara kita,” katanya.

Sementara itu,Kepala Seksi Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kota Depok, Jaka Susanta mengatakan bahwa pihaknya mengaku tidak bisa menghalangi atau menghambat akan adanya pendatang dari luar kota Depok. Pihaknya hanya memiliki tugas mendata seluruh warga pendatang.

“Apabila mereka memiliki tujuan yang jelas dengan menyertai surat pindah dari daerah asalnya, maka kami akan proses dan kami data untuk dikeluarkan kartu identitas mereka yang baru. Namun, apabila yang tidak menyertakan surat pindah maka akan ditindak sesuai dengan ketentuan dan kebijakan yang berlaku,” jelasnya.

Guna mengantisipasi terjadinya kehadiran warga pendatang yang tidak menyertakan dokumen kelengkapan dan menekan terjadinya lonjakan jumlah penduduk di wilayahnya, pihaknya pun mengaku akan segera menggelar operasi penertiban kependudukan.

“Kami akan segera menggelar operasi penertiban langsung ke sejumlah titik di seluruh Kelurahan yang ada. Untuk melaksanakannya pun kami juga akan berkoordinasi dengan pihak terkait agar dapat berjalan dengan maksimal,” tandasnya.(Izl)

[ AndriIdaman/HD ]

Tags:
author

Author: 

"Sesempurna apa pun kopi yang kamu buat, kopi tetap kopi, punya sisi pahit yang tak mungkin kamu sembunyikan.” (Internet Marketers & Publisher)