Lebaran di Depok Hasilkan Sampah Hingga 950 Ton

Lebaran di Depok Hasilkan Sampah Hingga 950 Ton

HarianDepok.com – Berita , Libur panjang lebaran tahun 2016 yang dirasakan oleh seluruh masyarakat di kota Depok saat ini berdampak kepada melonjaknya volume sampah yang dihasilkan kota sehingga menembus angka hingga 950 ton. Jumlah ini meningkat lebih tinggi ketimbang hari hari biasanya yaitu sebanyak 600 ton. Lonjakan sampah tersebut juga sudah terlihat sejak sepekan sebelum hari raya Idul Fitri 1437 H dilangsungkan.

Kepala Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Cipayung, Depok, Iyay Gumilar kepada awak media mengatakan, bahwa pihaknya mengaku pada saat menjelang lebaran tahun ini, jumlah sampah paling tinggi yang masuk ke TPA Cipayung berkisar di angka 950 ton yang naik 300 ton daripada hari hari biasa.

“Volume sampah tertinggi yang kami terima menjelang lebaran mencapai 950 ton. Jumlah ini lebih tinggi apabila dibandingkan dengan hari hari biasanya yang hanya mencapai 600 ton per harinya,” tuturnya, Senin (11/07/2016).

Dari keterangannya, pada hari lebaran pertama dan kedua volume sampah mengalami penurunan jumlah yang cukup drastis dari biasanya yang hanya mencapai 100 sampai dengan 200 ton per harinya. Hal ini disebabkan oleh banyaknya masyarakat yang melaksanakan mudik lebaran sehingga sampah yang dihasilkan kota menjadi berkurang.

“Pada hari lebaran pertama dan kedua mengalami penurunan yang cukup tajam dikarenakan banyaknya masyarakat yang melaksanakan mudik lebaran ke kampung halaman sehingga sampah yang dihasilkan kota Depok menjadi jauh berkurang dari biasanya,” katanya.

Guna mengantisipasi akan terjadinya tumpukan sampah di kota Depok, Iyay mengaku telah menyiapkan sebanyak lima unit armada pengangkut sampah yang beroperasi ke sejumlah lokasi rawan terjadinya tumpukan sampah yang ekstrim.

“Pihak kami telah menyiapkan sebanyak lima uni armada pengangkut sampah untuk siaga mengantisipasi terjadinya tumpukan sampah di wilayah kota Depok. Jumlah ini memang sangat minim dikarenakan ada sejumlah pegawai yang juga ingin merasakan lebaran bersama sanak keluarganya,” katanya.

Meski demikian, usai liburan panjang lebaran pihaknya akan menerjunkan seluruh armada dan petugas kebersihan guna mengatasi sampah kota dengan maksimal untuk mengantisipasi timbulnya berbagai penyakit yang disebabkan oleh tumpukan sampah.(Izl)

[ AndriIdaman/HD ]

Tags:
author

Author: 

"Sesempurna apa pun kopi yang kamu buat, kopi tetap kopi, punya sisi pahit yang tak mungkin kamu sembunyikan.” (Internet Marketers & Publisher)