Hati – Hati, Hacker Tebar Malware di Pokemon Go!

Hati - Hati, Hacker Tebar Malware di Pokemon Go!

HarianDepok.com – Tekno – Game , Seperti yang diketahui, game Pokemon Go saat ini sedang digandrungi oleh pengguna ponsel walaupun belum tersedia secara resmi di beberapa wilayah negara. Walau demikian, tidak sedikit pengguna Android yang memilih mengunduhnya dari situs-situs penyedia aplikasi dalam versi Android application package (apk). Namun, sebelum mulai mengunduh tidak ada salahnya untuk berhati-hati karena beberapa apk Pokemon Go disebut telah disusupi malware oleh hacker.

Apk berbahaya tersebut menjadi ‘pintu masuk’ bagi peretas untuk mengambil informasi dan file dari ponsel pemain. Usai dipasang, versi berbahaya Pokemon Go ini akan membuat akses backdoor pada ponsel korban. Dengan demikian, penyerang dapat mengakses perangkat tersebut tanpa diketahui oleh korban. Peretas dapat lebih mudah mengakses perangkat korban, pasalnya pengguna harus mematikan pengaturan keamanan yang mencegah pemasangan aplikasi dari pihak ketiga.

Ada satu versi apk dari Pokemon Go yang diketahui telah disusupi alat akses yang memungkinkan hacker mengakses perangkat dari jarak jauh. Seperti yang dikutip dari laman Ubergizmo, Senin (11/07/2016), file apk berbahaya tersebut disebut sudah tersedia secara online sejak 72 jam dari peluncuran resmi Pokemon Go di Australia dan Selandia Baru.

Oleh sebab itu, bagi kamu yang ingin mengunduh aplikasi Pokemon Go di luar Play Store harus berhati-hati. Selain itu, selalu pastikan untuk tak terlalu sering mengunduh aplikasi dari luar toko aplikasi resmi. Kehadiran Pokemon Go sendiri sudah diketahui sejak tahun lalu. Gim ini merupakan hasil kerja sama Nintendo dan pengembang Niantic Lab dengan Pokemon.

[ MuhammadKhotib/HD ]

Tags: