Tekan Kemacetan, Proyek Tol Trans Jawa Harus Segera Rampung

Tekan Kemacetan, Proyek Tol Trans Jawa Harus Segera Rampung

HarianDepok.com – Bisnis , Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Darmin Nasution menuturkan, kemacetan yang terjadi pada arus mudik lalu khususnya di Brebes Timur menunjukkan infrastruktur jalan Indonesia masih harus digenjot pembangunannya. Darmin mengungkapkan, kemacetan ini membuktikan daya tampung jalan di Indonesia belum mampu mengimbangi pertumbuhan jumlah pemudik setiap tahunnya. Oleh karena itu, infrastruktur jalan menjadi fokus pembangunan pemerintah.

“Ini belum memenuhi, supaya arus orang itu pada mudik dan balik lagi itu tidak macet. Belum menjawab itu,” ujarnya di Jakarta, (07/07/2016). Dia juga menyatakan, kemacetan tersebut bukan masalah baru. Ini merupakan warisan yang harus dibenahi oleh pemerintahan saat ini dan ke depannya. “Ini warisan lama, yang dibagi-bagi sejak zaman orde baru. Dibagi-bagikan konsesinya. Artinya belum bisa, belum sanggup (mengatasi kemacetan),” tuturnya.

Akan tetapi, lanjut Darmin, masalah kemacetan ini bukan tidak mungkin bisa teratasi.? Seperti Jawa, pembangunan tol trans Jawa yang menyambung dari ujung barat ke ujung timur perlu didorong pembangunannya. “Tapi bukan tidak bisa, karena semua sudah dimulai dibangun beberapa ruas hanya saja belum nyambung. Kalau orang yang optimis akan bilang ini akan selesai. Lebih baik jadi orang optimis, dari pada pesimis,” pungkasnya.

[ MuhammadKhotib/HD ]

Tags: