Di Depok Minimarket Menjamur Kadis Disperindag Kota Depok Angkat Bicara

Di Depok Minimarket Menjamur Kadis Disperindag Kota Depok Angkat Bicara

HarianDepok.com – Berita , Merebaknya usaha minimarket di wilayah kota Depok yang jumlahnya sudah melebihi batas disikapi oleh Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kota Depok dengan memberlakukan penyeleksian dan pertimbangan atas izin usaha minimarket yang akan membuka usahanya.

Hal ini bertujuan agar Usaha Kecil Menengah yang dikelola oleh masyarakat dapat berjalan dengan baik dan terus berkembang sehingga mampu mendongkrak perekonomian masyarakat agar dapat lebih baik. Oleh sebab itulah, Disperindag kota Depok akan memberlakukan program tersebut sesegera mungkin.

Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kota Depok, Agus Suherman mengatakan ada beberapa wilayah di kota Depok yang keberadaan minimarketnya sudah melebihi kuota atau jumlah yang telah ditetapkan sehingga berpotensi dapat mematikan UKM milik masyarakat.

Oleh sebab itulah, pihaknya bersama sama dengan beberapa instansi terkait lainnya akan melakukan penyeleksian dan penyortiran akan adanya izin usaha minimarket khususnya di beberapa lokasi yang jumlah minimarketnya sudah melebihi batas. “Ada wilayah atau kecamatan yang keberadaan minimarketnya sudah melebihi batas maksimal kuota yang ditetapkan. Ijin usahanya akan lebih selektif,” ujar Kepala Disperindag Pemkot Depok, Agus Suherman seusai berbuka bersama wartawan di Balai Kota Depok, belum lama.ini.

Beberapa wilayah yang dikatakannya jumlah minimarketnya sudah melebihi batas diantaranya meliputi kawasan Kecamatan Sukamajaya, Kecamatan Pancoran Mas dan Kecamatan Beji sehingga perlu adanya penyesuaian terhadap jumlah penduduk dengan jumlah minimarket yang ada. “Ini harus sesuai dengan perhitungan jumlah penduduk 1:5000. Di mana setiap 5000 penduduk ada satu minimarket. Jadi, perhitungan kami hanya perbandingan jumlah penduduk saja,” katanya.

Sementara itu, Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Depok pada beberapa waktu lalu pun juga mengatakan hal yang serupa bahwa perlu adanya pembatasan atas adanya usaha minimarket yang hingga kini kian menjamur melebihi jumlah yang ditetapkan. Untuk itu, pihak terkait harus bekerjasama dalam mengawasi dan mencegah terjadinya kelebihan beban yang dapat mematikan roda industri kecil masyarakat sekitar.(Izl)

[ AndriIdaman/HD ]

Tags:
author

Author: 

"Sesempurna apa pun kopi yang kamu buat, kopi tetap kopi, punya sisi pahit yang tak mungkin kamu sembunyikan.” (Internet Marketers & Publisher)