Pemkot Depok Akan Digugat Walhi Terkait Permasalahan Pengolahan TPA Cipayung

Pemkot Depok Akan Digugat Walhi Terkait Permasalahan Pengolahan TPA Cipayung

HarianDepok.com – Berita , Diduga tidak melaksanakan kewajibannya dengan baik terkait penanganan Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Cipayung, Pemerintah Kota (Pemkot) Depok dalam waktu dekat ini akan segera digugat oleh pihak Walhi DKI Jakarta dan sejumlah warga yang tergabung dalam Forum Peduli Lingkungan Sehat.

Adanya rencana gugatan tersebut disebabkan oleh buruknya tata kelola TPA Cipayung yang dianggapnya telah mengganggu kesehatan masyarakat sekitar dan juga kerap mencemari lingkungan sekitar yang berdampak kepada penurunan kualitas kesehatan kawasan disekitarnya.

Meski berencana akan melakukan gugatan terkait permasalahan tersebut, Deputi Advokasi dan Riset Walhi DKI Jakarta, Chandra Hutasoit akan mengundang terlebih dahulu sejumlah pihak terkait yang diantaranya adalah pihak Pemkot Depok, DPRD dan warga yang kena dampak dari permasalahan tersebut untuk berdialog.

Rencana gugatan yang kabarnya akan diajukan ke Pengadilan Tata Usaha Negara (PTUN) Bandung usai Ramadhan nanti, akan menggugat pemimpin kota Depok nomor satu yaitu Walikota Depok, Idris Abdul Shomad.

?”Tahapannya, kami undang dulu mereka, baru (sehabis itu) kami buat gugatan soal penutupan (TPA Cipayung) karena tak berguna,” ujar Chandra kepada awak media, beberapa waktu lalu.

Dari penjelasannya bahwa sampai dengan saat ini, Pemerintah tidak benar dalam mengelola TPA Cipayung sebagaimana permasalahan tersebut sudah diatur dalam Undang Undang Nomor 18 Tahun 2008 yang mengenai pengelolaan sampah yaitu sudah tidak laiknya lagi TPA Cipayung sebagai tempat pembuangan sampah akhir dikarenakan kondisinya sudah tidak mampu lagi menampung residu sampah kota Depok. “Dengan jumlah (kapasitas luas) lahan total 10,8 hektare sudah tidak mampu menampung,” kata Chandra.

Dengan demikian, karena sudah berstatus overload, maka air limbah sampah pun pada saat hujan mengguyur dapat meluap dan masuk ke sungai sehingga mencemari lingkungan dan dapat mendatangkan sejumlah penyakit ke lingkungan tempat tinggal masyarakat sekitar. Oleh sebab itulah perlu adanya pengolahan yang baik untuk mencegah hal tersebut terjadi. “Harusnya air lindi mereka olah, ada zat kimia yang dimasukan, ada ahlinya,” ucap Chandra.

Sementara itu, Walikota Depok, Idris Abdul Shomad mengatakan bahwa memang keberadaan TPA Cipayung sudah tidak lagi sanggup menampung sampah yang dihasilkan kota Depok. Oleh sebab itulah, pihaknya kini telah melakukan kerjasama dengan Kabupaten Bogor agar sampah kota Depok dapat dibuang ke TPA Nambo yang berlokasi di Bogor.

“Kami kerjasama dengan Nambo,” ujar Idris saat menghadiri uji coba gas metan di TPA Cipayung, Jumat 3 Juni 2016 lalu.(Izl)

[ AndriIdaman/HD ]

Tags:
author

Author: 

"Sesempurna apa pun kopi yang kamu buat, kopi tetap kopi, punya sisi pahit yang tak mungkin kamu sembunyikan.” (Internet Marketers & Publisher)