Pemkot Depok Siapkan 3.000 Ekor Sapi Guna Antisipasi Lonjakan Permintaan Daging Menjelang lebaran

Pemkot Depok Siapkan 3.000 Ekor Sapi Guna Antisipasi Lonjakan Permintaan Daging Menjelang lebaran

HarianDepok.com – Berita , Mengantisipasi akan terjadinya kekurangan stok daging sapi di bulan Ramadhan sampai dengan tibanya hari raya Idul Fitri di tahun 2016 ini, Pemerintah Kota (Pemkot) Depok telah menyiapkan sedikitnya 3.000 ekor sapi yang didatangkan dari beberapa daerah penghasil sapi potong.

Selain dimaksudkan untuk menjaga agar stok dan kebutuhan daging sapi di kota Depok tidak kekurangan, persiapan tersebut dimaksudkan juga untuk menekan terjadinya lonjakan harga daging sapi yang sampai dengan saat ini harganya mulai merangkak naik yang awalnya seharga 110.000 rupiah kini menjadi 120.000 rupiah untuk perkilonya.

Kepala Unit Pelaksana Teknis Rumah Potong, Hewan (RPH) Dinas Pertanian dan Perikanan (Distankan) Kota Depok, Alvian mengatakan bahwa pihaknya sampai dengan saat ini sudah menyediakan sebanyak 800 ekor sapi untuk segera didistribusikan . Namun untuk seterusnya sampai dengan Idul Fitri 2016 mendatang pihaknya akan berusaha terus. menyiapkan sebanyak 2.000 ekor.

“Hingga saat ini kami telah menyediakan sekitar 800 ekor sapai. Tapi hingga akhir Ramadan dan Idulfitri kami siapkan 2.000 ekor lebih,” ujarnya pada Bisnis news, beberapa waktu lalu.

Ia menjelaskan, untuk setiap harinya RPH yang berlokasi di daerah Tapos memotong 50 ekor sapi yang didistribusikan ke sejumlah pedagang daging sapi potong yang ada di wilayah kota Depok. Untuk mengantisipasi lonjakan permintaan daging sebelum lebaran, dipastikannya akan tercukupi sebab pihaknya mengaku telah mendatangkan 3.000 ekor sapi untuk menutupi kebutuhan daging di kota Depok.

“Di Depok sebetulnya ada dua RPH, tapi nanti semuanya akan difokuskan ke sini. RPH satu lagi di kawasan Pancoranmas dengan kapasitasnya agak kecil dari RPH Tapos,” ujarnya.

Sementara itu, Wakil Walikota Depok, Pradi Supriatna menghimbau kepada seluruh masyarakat kota Depok agar tidak panik dan resah atau khawatir akan langkanya stok daging sapi potong. Sebab pihaknya telah mengantisipasi akan adanya lonjakan permintaan daging sapi khususnya menjelang lebaran nanti.

“Meskipun Depok bukan lumbung sapi, tapi kami berupaya sekuat tenaga menyediakan sapi untuk kebutuhan selama Ramadan dan Lebaran,” tandasnya.(Izl)

[ AndriIdaman/HD ]

Tags:
author

Author: 

"Sesempurna apa pun kopi yang kamu buat, kopi tetap kopi, punya sisi pahit yang tak mungkin kamu sembunyikan.” (Internet Marketers & Publisher)