Debit Air Kali Laya Tinggi Kawasan Perumahan Taman Duta dan Bukit Cengkeh Depok Banjir

Debit Air Kali Laya Tinggi Kawasan Perumahan Taman Duta dan Bukit Cengkeh Depok Banjir

HarianDepok.com – Berita , Terkait permaslahan banjir yang kerap melanda kawasan Perumahan Taman Duta dan Bukit Cengkeh, Cimanggis, Depok sampai dengan saat ini, langsung diklarifikasi permasalahannya oleh Pemerintah Kota (Pemkot) Depok yang mengaku sedang berupaya mengatasi permasalahan tersebut dengan menggandeng beberapa pihak terkait untuk menyelesaikannya.

Wakil Walikota Depok, Pradi Supriatna mengatakan bahwa hingga kini, pihaknya masih terus berupaya semaksimal mungkin untuk mengatasi banjir di kawasan tersebut yang diketahui bahwa akan segera dibuatkan gorong gorong di Tol Cijago yang aliran airnya akan masuk ke sungai Kali Laya sehingga kawasan tersebut akan terbebas dari banjir.

“Segera sedang kita lakukan upaya solusinya. Kita sedang tunggu pengerjaan gorong-gorong Tol Cijago yang aliran airnya mengarah Kali Laya,” ucap Wakil Wali Kota Depok, Pradi Supriatna saat dikonfirmasi oleh awak media baru baru ini.

Dalam pelaksanaannya, nantinya akan dibuatkan semacam sudetan sehingga air tidak akan meluap ke kawasan tersebut. Sedangkan untuk pelaksanaannya akan segera dilaksanakan dan ditegaskannya akan diagendakan ke beberapa program pembangunan kota yang akan dilaksanakan bersama sama dengan pihak terkait lainnya. “Pengerjaan kita agendakan secepatnya, begitu proses gorong-gorong tol berjalan, maka sodetan kita mulai,” katanya.

Selain berencana untuk membuat sudetan di kawasan tersebut, Pradi juga mengaku berencana akan menyiapkan alat berat untuk melakukan kegiatan normalisasi di kali yang melintasi pemukiman tersebut. Dan untuk pelaksanaannya, pihaknya hingga kini masih terus mengkaji beberapa hal lainnya terkait permasalahan tersebut agar nantinya dalam pelaksanaannya dapag berjalan dengan baik. “Yang jelas kita sedang memantapkan konsep karena ini dataran rendah di mana kali lebih tinggi dari pemukiman,” ujarnya.

Cuaca ekstrim yang kini masih terjadi terus berdampak kepada tergenangnya pemukiman perumahan tersebut sehingga tak ayal di masyarakat di lingkungan sekitar harus kerja ekstra keras untuk melindungi harta benda mereka agar tidak basah oleh genangan air. Meski demikian, masyarakat mengaku hanya bisa pasrah melihat keadaan tersebut terjadi di daerahnya.

Namun, harapan agar lingkungan tempat tinggal mereka dapat terbebas dari genangan air yang kerap melanda terus bergulir kepada pihak Pemkot Depok untuk mau memperbaiki dan memperhatikan keadaan tersebut sesegera mungkin mengingat tanggul yang berada di Kali Laya sudah tidak mampu lagi menampung debit air yang tinggi apalagi pada saat musim hujan.(Izl)

[ MuhammadKhotib/HD ]

Tags: