Di Kelurahan Depok, Masih Banyak Sampah Liar Bertebaran

Di Kelurahan Depok, Masih Banyak Sampah Liar Bertebaran

HarianDepok.com – Berita , Masih banyaknya sampah liar yang bertebaran di sejumlah titik di wilayah kota Depok sampai dengan saat ini terjadi adalah dampak dari kurangnya kesadaran masyarakat akan peduli terhadap lingkungan dan kesehatan. Oleh sebab itulah perlu adanya tindakan tegas dan bukan hanya sekedar teguran guna menjaga lingkungan kota Depok agar tetap bersih dan nyaman.

Dari penuturan salah satu warga Kelurahan Depok, Pancoran Mas, Rubertu Yosafat kepada radarnews baru baru ini, bahwa aksi pembuangan sampah liar amat sangat perlu untuk diberikan sanksi tegas sehingga dapat memberikan efek jera dan takut kepada pelaku maupun yang lainnya sehingga budaya buang sampah sembarangan bisa terkendali.

“Seharusnya, para petugas perlu mengadakan pengawasan atau pengontrolan ke sejumlah lokasi yang rawan dijadikan sarana tempat pembuangan sampah liar. Harus diberikan sanksi tegas, bukan hanya sekedar teguran saja. Jembatan Panus menjadi bukti akan masih adanya budaya buang sampah liar,” tuturnya, Senin (27/06/2016).

Oleh sebab itulah, dirinya meminta kepada pihak pihak terkait, seperti Kelurahan, Kecamatan dan Dinas Kebersihan dan Pertamanan (DKP) Kota Depok untuk bekerja lebih ektra dalam menanggulangi dan mengatasi permasalahan tersebut dengan harapan dapat mewujudkan kota Depok yang indah dan bersih.

Sementara itu, Lurah Depok, Sugiono mengatakan bahwa pihaknya pada saat ini telah mempersiapkan beberapa program yang akan dijalankan guna mewujudkan wilayahnya agar semakin baik yang salah satunya adalah dengan meningkatkan kesadaran dan kepedulian warga di lingkungannya terhadap sampah yang memiliki dampak buruk cukup banyak seperti penyakit dan pencemaran lingkungan.

Ia juga mengungkapkan sampai dengan saat ini, masih banyak warga yang masih rendah tingkat kesadarannya terhadap kebersihan lingkungan sehingga banyak beberapa titik lokasi di kawasannya tercemar oleh sampah liar. Maka daripada itulah, dirinya berupaya semaksimal mungkin untuk dapat menanggulangi permasalahan tersebut dengan cara memberikan pemahaman dan edukasi kepada LPM dan ketua RT dan RW setempat terkait penanggulangan sampah.

“Sosialisasi dan himbauan terkait permasalahan sampah liar akan kami terus sampaikan kepada warga. Bila memang diperlukan, sanksi tegas juga akan akan kami berlakukan agar dapat memberikan efek jera kepada para pelaku dan yang lainnya sehingga tidak mengulangi kembali perbuatannya yaitu membuang sampah dengan sembarangan,” tegasnya.(Izl)

[ AndriIdaman/HD ]

Tags:
author

Author: 

"Sesempurna apa pun kopi yang kamu buat, kopi tetap kopi, punya sisi pahit yang tak mungkin kamu sembunyikan.” (Internet Marketers & Publisher)