IBM Ciptakan Chip Komputer Tiru Otak Manusia

IBM Ciptakan Chip Komputer Tiru Otak Manusia.

HarianDepok.com – Tekno , Amerika teknologi multinasional dan perusahaan konsultasi IBM sedang mengembangkan chip komputer yang dirancang untuk meniru kinerja otak manusia. Mashable melaporkan bahwa IBM bekerja sama dengan Cornell Tech dan Unilab dalam mengembangkan chip next-gen yang dimulai pada tahun 2012.

Chip disebut Synapse, yang merupakan singkatan dari Sistem Adaptive Plastic Scalable neuromorphic Electronics. Sinaps sekarang mampu memprogram 1 juta neuron, 256 juta sinapsis diprogram dan 46 miliar operasi per detik sinaptik, per watt.

“Kemajuan ini menunjukkan jalan menuju masa depan yang lebih cepat, komputasi kognitif lebih dingin dan lebih kompak dalam berbagai skenario,” tulis Mashable tentang chip ini, kemarin (10/8).

Kepala ilmuwan IBM Dr Dharmendra Modha S. mengatakan kepada Mashable bahwa chip “bisa mengubah mobilitas, melalui aplikasi sensorik cerdas yang dapat cocok di telapak tangan Anda, tetapi tanpa perlu Wi-Fi.”

Sinaps dikatakan dapat memfasilitasi aplikasi masa depan seperti, daun berbentuk modul sensor bertenaga surya yang dapat mengirimkan peringatan kebakaran lingkungan dan hutan serta kacamata bantu yang akan membimbing pemakainya, yakni tunanetra tanpa perlu koneksi Wi-Fi.

“Ini merupakan prestasi yang menakjubkan untuk meningkatkan proses tradisional digunakan untuk komersial, rendah daya perangkat mobile untuk memberikan sebuah chip yang mengemulasi otak manusia dengan mengolah jumlah ekstrim informasi sensorik dengan daya yang sangat sedikit,” kata Shawn Han, wakil presiden pemasaran Samsung.

Pengembangan, didanai oleh Defense Advanced Research Projects Agency (DARPA), saat ini terbatas pada pembangunan laboratorium.

[AndriIdaman/HD]

Tags:
author

Author: 

"Sesempurna apa pun kopi yang kamu buat, kopi tetap kopi, punya sisi pahit yang tak mungkin kamu sembunyikan.” (Internet Marketers & Publisher)