Budaya Percaloan di Kantor Samsat Kota Depok, Digerus Petugas Gabungan

Budaya Percaloan di Kantor Samsat Kota Depok, Digerus Petugas Gabungan

HarianDepok.com – Berita , Maraknya kegiatan percaloan yang dilakukan oleh sejumlah orang dengan cara sembunyi sembunyi di lingkungan Samsat Kota Depok menjadi salah satu hal yang sudah menjadi rahasia umum seluruh masyarakat kota Depok yang dimana para calo yang membantu kliennya dalam mengurus pajak kendaraannya mematok tarif berlipat lipat dari pajak seharusnya sehingga merugikan banyak pihak khususnya para wajib pajak.

Guna mengantisipasi hal tersebut terjadi, sejumlah petugas dari instansi terkait pun turut diterjunkan ke sejumlah titik rawan kegiatan percaloan di lingkungan Samsat dengan harapan dapat meminimalisir terjadinya aksi percaloan yang amat sangat meresahkan. Selain telah menyebar beberapa anggota di titik lokasi rawan percaloan, pihak kepolisian kota Depok pun kerap melakukan operasi di lingkungan Samsat untuk menangkap para calo yang masih nekad beroperasi.

Sebanyak 8 orang yang diduga berprofesi sebagai calo diamankan petugas pada saat operasi bersih dilaksanakan pada Selasa 14 Juni 2016 kemarin. Pada operasi yang dilaksanakan pada waktu itu, sejumlah petugas dari Brimob Polda Metro Jaya, Polsek Sukmajaya fan Provost Samsat turut diterjunkan dalam operasi tersebut.

Menurut penjelasan yang diberikan oleh Kanit Samsat Kota Depok, AKP Darno kepada awak media bahwa dari delapan orang yang berhasil ditangkap oleh petugas pada saat penjaringan dilakukan, kebanyakan dari mereka berasal dari oknum anggota organisasi dan warga sekitar lingkungan kantor Samsat kota Depok yang berlokas di Jalan Merdeka, Sukmajaya, Depok, Jawa Barat.

Agar dapat memberikan efek jera kepada delapan orang yang berprofesi sebagai calo ini, petugas pun memberikan tindakan tegas berupa pemberian binaan dan mewajibkan kedelapan orang tersebut untuk membuat surat pernyataan tertulis yang isinya menyatakan tidak akan melakukan kegiatan percaloan kembali.

“Tadi sudah dilakukan penertiban kepada sejumlah orang sebagai calo. Ini untuk menanggapi keluhan pengunjung. Bahwa secara sembunyi-sembunyi masih ada warga sekitar dan dari perkumpulan yang jadi calo. Ada delapan orang yang kami amankan,” tuturnya usai menggelar operasi tersebut.

Agar dapat memaksimalkan upaya pemberantasan percaloan di lingkungan kantor Samsat kota Depok, dirinya menghimbau kepada seluruh masyarakat khususnya bagi yang ingin membayarkan pajak, agar selalu melakukannya sendiri saja tanpa menggunakan calo sebagai perantaranya. Selain besarnya biaya yang akan dikeluarkan, hal tersebut juga amat sangat dilarang oleh petugas.

Ia pun turut berpesan juga, apabila masyarakat menemui atau ditawari untuk dibantu melakukan proses pembayaran pajak kendaraan atau sebagainya, dapat langsung segera melaporkannya kepada petugas terkait agar dapat sedini mungkin dilakukan penertiban.(Izl)

[ MuhammadKhotib/HD ]

Tags: