Selama Ramadan Sebanyak 98 Personil Damkar Kota Depok Disiagakan 24 Jam Penuh

Selama Ramadan Sebanyak 98 Personil Damkar Kota Depok Disiagakan 24 Jam Penuh

HarianDepok.com – Berita , Sebanyak 98 petugas dari Dinas Pemadam Kebakaran (Disdamkar) Kota Depok diterjunkan ke lapangan guna bersiaga selama 24 jam penuh mengamankan wilayah kota Depok dari berbagai gangguan dan peristiwa kebakaran pada bulan Ramadhan. Hal tersebut dilakukan sebab, pada saat Ramadhan hingga hari raya Idul Fitri 1437 Hijriah, marak sekali masyarakat yang menyalakan petasan dan kembang api untuk merayakan bulan istimewa bagi umat Islam.

Hal tersebut dibenarkan oleh Kepala Dinas Pemadam Kebakaran (Disdamkar) Kota Depok, Yayan Ariyanto yang menegaskan bahwa pihaknya akan terus bersiaga penuh dalam menangani dan mengantisipasi terjadinya kebakaran khususnya pada Ramadhan. Guna memaksimalkan upaya tersebut, Yayan juga mengaku telah menyiapkan sejumlah sarana dan prasarana pendukungnya yang disiagakan juga selama 24 jam penuh.

“Ada 98 personel yang standby, 24 jam full. Alhamdulillah, sampai saat ini belum terjadi kasus dan mudah-mudahan tidak akan terjadi,” kata Kepala Dinas Damkar Kota Depok, Yayan Ariyanto, di Depok, Jawa Barat, Selasa (21/06/2016).

Dari penjelasannya, pada Ramadhan banyak sekali petasan dan kembang api yang beredar bebas di lingkungan masyarakat dan beberapa pasar di kota Depok yang kerap dibeli dan dimainkan oleh para remaja dan anak anak. Hal tersebut amat disayangkannya yang dimana resiko dan dampak yang ditimbulkan dapat merugikan yaitu timbulnya kecelakaan dan kebakaran.

Maka daripada itulah Yayan menghimbau kepada seluruh masyarakat kota Depok khususnya para orangtua agar selalu bersikap waspada dan lebih protektif kepada anak anaknya khususnya terkait penggunaan petasan dan kembang api yang bisa mengakibatkan kecelakaan pada diri sendiri dan orang lain. Lebih jauh, apabila dibiarkan bebas begiti saja, maka akan berdampak kepada timbulnya kebakaran.

Guna membatasi dan memutuskan rantai pendustribusian petasan, baik yang berdaya ledak kecil sampai dengan yang berskala besar, pihakya pun juga telah berkoordinasi dengan sejumlah pihak terkait seperti pihak kepolisian kota Depok agar rutin melakukan operasi guna menjaring para pengedar petasan di wilayah kota Depok.

Agar Ramadhan kali ini dapat berjalan dengan baik, Yayan pun meminta kepada seluruh masyarakat khususnya yang menjalankan ibadah puasa agar dapay mengisi waktunya dengan berbagai kegiatan positif dan bermanfaat. Selain bisa mendapatkan pahala yang berlipat ganda, kegiatan positif juga dapat memicu kerukunan umat beragama.(Izl)

[ AndriIdaman/HD ]

Tags:
author

Author: 

"Sesempurna apa pun kopi yang kamu buat, kopi tetap kopi, punya sisi pahit yang tak mungkin kamu sembunyikan.” (Internet Marketers & Publisher)