Inilah Arti Brexit dan Dampaknya ke Indonesia

Inilah Arti Brexit dan Dampaknya ke Indonesia

HarianDepok.com – Bisnis , Sejak Kamis kemarin (23/06/2016), pasar tengah ramai membicarakan tentang Brexit. Apakah itu ‘Brexit’? Istilah Brexit berasal dari kata Britain Exit. Istilah ini mirip seperti ketika Yunani/Greek keluar dari Uni Eropa, maka orang menyebut peristiwa itu dengan Grexit yang berasal dari kata Greek Exit. Mengapa “Brexit” atau referendum “Brexit” begitu banyak dibicarakan saat ini? Dan, apa sih sebenarnya referendum Brexit itu?

Referendum ‘Brexit’ adalah pemungutan suara dari seluruh warga negara Inggris, Irlandia dan Selandia Baru, untuk memutuskan apakah Inggris harus keluar dari Uni Eropa atau tetap berada di Uni Eropa. Pada tahun 2015, Perdana Menteri David Cameron, berjanji jika dia terpilih dalam pemilu, maka ia akan menyelenggarakan referendum terkait apakah Inggris akan keluar atau tetap dalam Uni Eropa.

Jadi sebenarnya isu Brexit ini sudah lama muncul namun baru akhir-akhir ini menjadi fokus alias perhatian investor karena referendum keanggotaan Uni Eropa akan diselenggarakan hari ini 23 Juni 2016. Lalu, mengapa Inggris mempertimbangkan untuk keluar dari Uni Eropa? Kita tarik mundur. Pada tahun 1975, Inggris juga pernah mengadakan referendum apakah akan keluar sebagai anggota Uni Eropa atau tetap di dalam Uni Eropa. Pada waktu itu diputuskan, Inggris tetap berada di dalam Uni Eropa.

Namun ada sekelompok golongan yang merasa bahwa sejak tahun 1975 tersebut, Uni Eropa semakin mengontrol kehidupan sehari-hari mereka. Selain itu, sebagian rakyat Inggris merasa bahwa Inggris terbebani oleh Uni Eropa, di mana Uni Eropa membuat peraturan yang dinilai banyak membatasi bisnis di Inggris. Hal lain yang menjadi pertimbangan bagi Inggris untuk keluar dari Uni Eropa adalah karena Uni Eropa menarik uang untuk biaya keanggotaan sejumlah miliaran dolar dan Inggris merasa hanya sedikit keuntungan yang diperoleh.

Ada lagi hal lainnya yang menjadi pertimbangan Inggris untuk keluar dari Uni Eropa yaitu salah satu prinsip Uni Eropa tentang ‘Free Movement’ yang membawa banyak imigran datang dan menetap di Inggris. Nah pertanyaannya adalah, apa dampaknya jika Inggris keluar dari Uni Eropa bagi Inggris dan Eropa sendiri? Apa pula dampaknya pada bursa saham global dan bursa saham di Indonesia pada khususnya ? Apa Dampaknya Brexit ini Buat Indonesia?

‘Brexit’ akan berpengaruh pada arus investasi di Indonesia yang datang dari Inggris. Namun dampak tersebut tidak terlalu signifikan, dan akan lebih terasa pada negara-negara di Uni Eropa. Jika Inggris keluar dari Uni Eropa, tidak akan berdampak besar terhadap ekonomi negara berkembang seperti Indonesia. Senada dengan Deputi Gubernur Bank Indonesia (BI), Perry Warjiyo, Menteri Keuangan Indonesia, Bambang Brodjonegoro mengatakan, ‘Brexit’ akan berdampak pada ekonomi global dan Indonesia juga merupakan bagian dari ekonomi global yang juga akan terkena dampaknya.

Namun, pengaruh Brexit bagi Indonesia tidak akan signifikan dan hanya bersifat sementara atau jangka pendek saja. Saya pribadi menilai bahwa jika Inggris keluar dari Uni Eropa, tetap akan ada dampak bagi pasar modal Indonesia karena pasar modal Indonesia masih didominasi asing.  Namun, dampaknya tidak akan terlalu signifikan. Tetap masih ada peluang untuk mendapatkan keuntungan di pasar saham dalam kondisi apa pun jika Anda mengerti ilmunya.

[ MuhammadKhotib/HD ]

Tags:
author

Author: 

Writer and Author In HarianDepok