Google Doodle Hari Ini Peringati Ulang Tahun ke-105 Juan Manuel Fangio, Siapakah Dia?

Google Doodle Hari Ini Peringati Ulang Tahun ke-105 Juan Manuel Fangio, Siapakah Dia?

HarianDepok.com – TechNews , Laman utama mesin pencari Google pada hari ini, Jumat (24/06/2016) menampilkan doodle baru untuk memperingati hari ulang tahun ke-105 Juan Manuel Fangio Deramo. Desain doodle kali ini menampilkan gambar berdesain retro dengan elemen visual berupa mobil balap dan karikatur foto diri Fangio yang mengenakan helm dan kacamata pelindung. Seperti yang digambarkan dalam doodle, Fangio adalah sosok legendaris di dunia balap Formula 1.

Ia merupakan pebalap kelahiran Argentina yang dijuluki El Maestro. Fangio mendominasi sepuluh tahun pertama dari penyelenggaraan balap Formula 1 dengan memenangi kejuaraan dunia sebanyak lima kali. Pencapaian Fangio di atas tidak terkalahkan selama 47 tahun sebelum akhirnya berhasil dilewati oleh pebalap legendaris lainnya, Michael Schumacher dari Jerman.

Google Doodle Hari Ini Peringati Ulang Tahun ke-105 Juan Manuel Fangio, Siapakah Dia?

Ada satu hal dari Fangio yang belum dapat disamai sampai saat ini. Pria kelahiran  24 Juni 1911 ini memenangi kejuaraan dunia bersama empat tim berbeda, yakni Alfa Romeo, Ferrari, Mercedez-Benz, dan Maserati. Ia juga mengantongi angka tertinggi dalam hal persentase kemenangan di arena balap Formula 1, yakni 46,15 persen.

Dari 52 balapan yang diikuti Fangio, 24 di antaranya berakhir dengan kemenangan. Usai pensiun, Fangio menjabat sebagai presiden kehormatan Mercedes-Benz Argentina sejak 1987 hingga meninggal dunia pada 1995. Sosok yang sering kali disebut sebagai salah satu pebalap terhebat sepanjang zaman ini dikebumikan di kampung halamannya di Balcarce, Buenos Aires, Argentina.

[ MuhammadKhotib/HD ]

Tags: