Dishub Kota Depok Jalin Kerjasama Dengan Satlantas Polresta Depok Guna Atasi Kemacetan Lalu Lintas

Dishub Kota Depok Jalin Kerjasama Dengan Satlantas Polresta Depok Guna Atasi Kemacetan Lalu Lintas

HarianDepok.com – Berita , Banyaknya bus Antar Kota Antar Provinsi (AKAP) yang menggunakan bahu jalan untuk para penumpang yang akan bermudik ke kampung halamannya menjadi salah satu penyebab tingginya volume kemacetan arus lalu lintas khususnya di kawasan PAL yang lokasinya berbatasan dengan Jalan Raya Bogor wilayah Jakarta Timur dengan Kota Depok.

Hal ini terjadi disebabkan banyaknya PO Bus tujuan sejumlah kota di pulau Jawa dan Sumatera  yang membuka usahanya di kawasan tersebut sehingga berdampak kepada tingginya kemacetan arus lalu lintas baik dari arah Jakarta menuju Auri maupun arah sebaliknya terlebih pada saat pagi dan sore hari disaat aktivitas masyarakat sedang tinggi tingginya.

Oleh sebab itulah, Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Depok, Gandara Budiana menghimbau kepada para agen PO Bus agar tidak menumpuk dan memarkirkan kendaraan mereka dalam waktu lama di kawasan tersebut yang dapat mengganggu kelancaran arus lalu lintas. “Agar tidak terjadi kemacetan yang cukup parah, kami menghimbau kepada seluruh PO bus AKAP agar tidak menumpuk dan membiarkan kendaraan terparkir terlalu lama di kawasan tersebut,” tuturnya kepada warta kota di Depok belum lama ini.

Agar dapat berjalan dengan baik, Gandara mengaku telah menerjunkan sejumlah anggotanya ke kawasan tersebut guna memantau pergerakan kendaraan khususnya bus yang mengangkut para pemudik di saat menjelang lebaran kali ini. Selain telah menerjunkan anggotanya ke kawasan tersebut, Gandara juga akan memanfaatkan sejumlah CCTV yang ada agar dapat memonitoring dan mengendalikan kemacetan dengan cepat.

“Pemantauan kita lakukan dengan memanfaatkan 35 CCTV yang ada, di 15 jalur dan simpang,” katanya.

Apabila kemacetan terlihat sudah semakin tinggi dari pantauannya, maka anggota tambahan pun ikut diterjunkan membantu mengatasi kemacetan dan melakukan tindakan kepada angkutan umum yang kerap ngetem (berhenti menunggu penumpang) di bahu jalan. Untuk mengantisipasinya, Gandara mengaku telah menyiapkan anggotanya sebanyak 175 orang yang disebar ke sejumlah titik rawan kemacetan.

Beberapa titik yang menjadi target tujuannya diantaranya adalah, Jalan Margonda Raya, Sawangan, Jalan Raya Bogor, Jalan Juanda, Dewi Sartika dan beberapa jalan rawan terjadi kemacetan yang lainnya. “Diantaranya beberapa titik di Jalan Margonda, juga di Jalan Sawangan, Jalan Raya Bogor, Jalan Juanda dan beberapa titik lain,” kata Gandara.

Agar dapat memaksimalkan kinerja pihaknya dalam mengatasi kemacetan yang terjadi, Gandara akan berkoordinasi dengan pihak Satlantas Polresta Depok sehingga pihaknya dapat mengurai kemcetan lebih baik lagi yang dimana pada H-7 tingkat kemacetan arus lalu lintas diprediksikannya akan terus meningkat dikarenakan dimulainya arus mudik.(Izl)

[ AndriIdaman/HD ]

Tags:
author

Author: 

"Sesempurna apa pun kopi yang kamu buat, kopi tetap kopi, punya sisi pahit yang tak mungkin kamu sembunyikan.” (Internet Marketers & Publisher)