Viar Motor Indonesia Kenalkan Motor Listrik Jagoannya

Viar Motor Indonesia Kenalkan Motor Listrik Jagoannya

HarianDepok.com – Otomotif – Motor , Akhirnya pabrikan otomotif lokal asal Semarang, Viar Motor Indonesia, memperkenalkan dua unit motor listrik baru bernama Pulse dan Q1 di arena Jakarta Fair, Kemayoran, Jakarta, pada Sabtu (18/06/2016). Marketing Communication Viar, Frengky Osmond, menututrkan bahwa kedua unit ini menggunakan mesin Bosch dengan tenaga maksimal 1.200 watts untuk Pulse dan 800 watt untuk Q1. Kecepatan maksimal yang bisa dikeluarkan keduanya adalah 60 km/jam.

“Perbedaan terletak pada penggunaan jenis baterai yang tertanam di kedua unit ini, Viar Pulse menggunakan battery VRLA (Valve Regulated Lead Acid) dan Viar Q1 menggunakan baterai lithium yang lebih ringan,” ujar Frengky. Baik Pulse dan Q1 dapat menempuh jarak hingga 70-80 km dalam satu kali isi ulang. Sedangkan agar baterai terisi penuh, butuh waktu sekitar 5-7 jam.

Sebagaimana kendaraan listrik, kedua motor ini tidak perlu servis rutin sebagaimana kendaraan berbahan bakar fosil pada umumnya. Yang perlu diganti secara berkala hanya kampas rem, ban, dan aki. Dari sektor keamanan dan keselamatan, Pulse dan Q1 dilengkapi piranti rem cakram depan dan belakang, alarm, keyless start engine, dan lampu LED. Frengky juga mengklaim kendaraan ini tahan air yang sudah dilakukan dengan serangkaian uji coba.

Motor ini baru bisa diboyong konsumen pada Desember nanti. Sejauh ini proses registrasi kendaraan masih ada di tangan Samsat. “Kalau yang beli sekarang tetap dapat unitnya, tapi belum bisa dibuat surat karena izin Samsatnya belum ada,” pungkas Frengky.

[ TaufikHidayat/HD ]

Tags:
author

Author: 

Writer and Author In HarianDepok