Presiden Iri Negara Lain Bisa Jual Daging Rp 55 Ribu per Kg

Presiden Iri Negara Lain Bisa Jual Daging Rp 55 Ribu per Kg

HarianDepok.com – Bisnis , Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyebut bahwa harga daging sapi yang dijual ke masyarakat Rp 80 ribu per kilogram (kg) bukanlah hal yang mustahil. Pasalnya, di negara-negara lain harga jualnya jauh lebih rendah. “Saya sampaikan bolak-balik, negara lain harga daging bisa Rp 55 ribu-Rp 60 ribu per kg. Saya dapat invoice langsung. Mustinya kita mengarah ke sana,” ucap Jokowi di sela-sela meninjau peternakan sapi PT Karya Anugerah Rumpin, di Bogor, Jawa Barat, Selasa (21/06/2016).

Jokowi menegaskan, penetapan harga Rp 80 ribu per kg untuk daging sapi sudah melalui kalkulasi yang mendalam oleh dirinya dan jajaran kementerian terkait. Ia pun menegaskan akan terus mencari cara agar harga jual sesuai dengan target itu. “?Rp 80 ribu itu bukan tidak dikalkulasi, dengan kalkulasi. Itu pun ada pada posisi di tengah. Negara lain harganya seperti itu,” ungkapnya.

Jokowi juga mengklaim bahwa BUMN-BUMN telah berhasil menjual harga daging sapi Rp 80 ribu per kilogram. Sedangkan, DPR menilai harga jual daging sapi masih tinggi dan membebani kantung rakyat. Wakil Ketua Komisi IV DPR-RI, Titiek Soeharto, mengatakan harga jual daging masih Rp 100 ribu per kilogram, ketika meninjau harga kebutuhan pokok dan daging di Pasar Induk Rau (PIR).

[ MuhammadKhotib/HD ]

Tags: