Disnakersos Depok Layangkan Himbauan Pemberian THR Ke Ratusan Perusahaan Yang Ada

Disnakersos Depok Layangkan Himbauan Pemberian THR Ke Ratusan Perusahaan Yang Ada

HarianDepok.com – Berita , Menyikapi akan adanya instruksi dari pemerintah pusat terkait pemberian Tunjangan Hari Raya (THR) kepada para buruh yang ada, Pemerintah Kota (Pemkot) Depok melalui Dinae Tenaga Kerja dan Sosial (Disnakersos) kota Depok langsung melayangkan surat pemberitahuan kepada seluruh perusahaan agar dapat mematuhi instruksi tersebut.

Sebanyak 674 unit perusahaan yang berdiri di wilayah kota Depok seluruhnya sudah diberikan surat pemberitahuan terkait perihal tersebut yang didalamnya tertulis bahwa setiap perusahaan yang ada wajib membayarkan THR kepada seluruh karyawannya dengan batas waktu maksimal tujuh hari sebelum tibanya hari raya Idul Fitri.

Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Sosial (Disnakersos) Kota Depok, Diah Sadiah mengatakan bahwa adanya penerbitan surat pemberitahuan tersebut terkait dengan adanya surat dari Kementrian dan Ketenagakerjaan (Kemenaker) yang berisikan bahwa THR harus segera dibayarkan selambat lambatnya tujuh hari sebelum hari raya Idul Fitri sehingga seluruh penerima THR dapat mempersiapkan segala sesuatunya untuk kebutuhan di hari kemenangan umat islam tersebut.

“Surat dari Kemenaker terkait pembayaran THR sudah turun kemarin, tinggal kami sosialisasikan. Jadi THR harus sudah dibayarkan paling telat tujuh hari sebelum hari raya Idul Fitri,” ujar Diah di DPRD Depok.

Ia mengatakan, untuk sistem pembayaran THR dihitung dari masa kerja  yang dimana apabila karyawan tersebut telah bekerja selama 12 bulan keatas maka akan dibayarkan sebanyak satu bulan gaji. Sedangkan bagi yang baru berkerja selama satu bulan, maka akan disesuaikan dengan masa kerjanya.

“Perusahaan wajib melaporkan kepada kami tentang pembayarannya. Usahakan H-7 sudah dibayarkan, kalau yang sudah wajib bayar THR dan wajib lapor itu mencapai 674, tidak pernah ada yang komplain. Yang di luar wajib lapor kemungkinan ia membayarkan namun tidak lapor,” paparnya.

Meski demikian, dirinya menghimbau apabila ada keluhan ataupun permasalahan terkait dengan pembayaran gaji ataupun THR agar secepatnya melaporkan diri ke pihak Disnakersos kota Depok untuk bermediasi memecahkan permasalahan yang ada. Untuk lebih memaksimalkan hal tersebut, Diah mengaku berencana akan membuka pos pengaduan THR sehingga dapat segera diatasi oleh pihaknya.

“Langkahnya kami panggil, itu harus dibayarkan. Semua wajib membayar THR, yang sudah menjadi anggota Apindo selalu dibayarkan. Tahun lalu tidak ada yang melaporkan, yang jelas kami akan fasilitasi hak buruh untuk mendapatkan THR,” tandasnya.(Izl)

[ AndriIdaman/HD ]

Tags:
author

Author: 

"Sesempurna apa pun kopi yang kamu buat, kopi tetap kopi, punya sisi pahit yang tak mungkin kamu sembunyikan.” (Internet Marketers & Publisher)