46 Orang Tewas Akibat Banjir & Tanah Longsor di Purworejo

46 Orang Tewas Akibat Banjir & Tanah Longsor di Purworejo

HarianDepok.com – Berita – Nasional , Banjir disertai tanah longsor yang melanda Purworejo, Jawa Tengah pada Sabtu (18/06/2016) malam lalu telah menelan korban jiwa sebanyak 46 orang warga. Proses evakuasi korban yang sebagian besar jatuh akibat tanah longsor dimulai pada hari Minggu (19/06/2016) pagi oleh Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) dan instansi terkait. Kepala BPBD Kabupaten Purworejo, Budhi Hardjono,  mengatakan bahwa hari pertama itu SAR berhasil menemukan 27 jasad.

Daerah asal mereka berbeda-beda, yakni dari Desa Karangrejo 9 orang, Desa Donorati 3 orang, Desa Sidomulyo 5 orang, Desa Mranti 2 orang, Desa Pacekelen 2 orang, dan masing-masing 1 di Desa Jelok, Desa Tangkisan, Berjan, serta Desa Bagelen. “Sore hari terpaksa harus kami hentikan pencarian korban yang tertimbun tanah sebab kondisi cuaca mendung. Kami kawatir akan terjadi turun hujan,” Budhi Hardjono menambahkan. Banjir dan longsor di Purworejo itu juga menimbulkan kerugian materi yang mencapai miliaran rupiah,-

termasuk rumah-rumah warga yang rusak dan hancur akibat terjangan banjir dan tanah longsor. Secara keseluruhan bencana banjir yang terjadi di Propinsi Jawa Tengah bulan Juni berdasarkan data yang dirilis Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) terjadi di 16 kabupaten/kota. Sedikit berbeda, data BNPB menyebut bahwa wilayah Kabupaten Purworejo paling banyak terdapat korban jiwa; yakni 19 orang meninggal, 25 orang masih hilang dan 11 orang luka-luka.

[ TaufikHidayat/HD ]

Tags:
author

Author: 

Writer and Author In HarianDepok